Home - Tips Windows - Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 BitSistem operasi buatan microsoft yakni windows merupakan sistem operasi yang popular di dunia, termasuk di Indonesia. Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi yang close source atau bisa dikatakan merupakan sistem operasi yang berbayar. Namun yang terjadi di Indonesia 80% pengguna windows adalah bajakan. Sebab menggunakan windows bajakan adalah windows asli yang cukup mahal untuk kantong masyarakat indonesia. Lebih jelasnya silakan baca mengenai Alasan Mengapa Masyarakat Indonesia Menggunakan Windows Bajakan.

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Baca juga : Cara Mengetahui Umur Windows

Windows terbagi menjadi 2 basis sistem yang berbeda yakni Versi 32 Bit dan 64 Bit. Sebenarnya apa perbedaan dari 32 Bit dan 64 bit ini ? Ada perbedaan jauh antara keduanya ?


Mari kita bahas perbedaan windows 32 bit dan 64 bit ini :

1. Kemampuan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Memiliki windows dengan kemampuan yang maksimal tentu adalah keinginan penggunanya. Secara sederhana windows 64 bit memiliki kemampuan yang lebih baik dari pada 32 bit. Namun bukan hanya karena menggunakan windows 64 bit komputer menjadi cepat, namun juga di pengaruhi prosesor. Prosesor berbasis 64 bit lebih unggul dari pada 32 bit. Jadi kombinasikan antara windows 64 bit dengan prosesor 64 bit agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kemampuan Memproses Data

32 bit atau 64 bit mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran. Jika menggunakan windows dan prosesor 32 bit maka yang dilakukan dalam satu kali putar memproses data sebesar 32 bit. Seperti itu pula jika menggunakan windows dan prosesor 64 bit maka dalam sekali putar akan memproses data 64 bit. Dari sini sudah diketahui bahwa windows 64 bit lebih cepat dalam memproses data daripada windows 32 bit.

3. Penggunaan RAM Windows 32 Bit dan 64 Bit

Windows yang berbasis 32 bit memiliki jumlah batasan RAM lebih kecil daripada windows 64 bit. Windows berbasis 32 bit penggunaan maksimal RAM adalah 4GB. Sedangkan untuk windows 64 bit dapat menggunakan RAM lebih dari 4Gb. Besarnya sebuah ram ini sebenarnya bukan hanya karena basis windows 32 bit atau 64 bit tetapi juga karena dipengaruhi oleh jenis prosesornya. Karena kecepatan prosesor juga memiliki batas maksimal jika ram terlalu besar atau terlalu kecil maka tidak akan berjalan secara maksimal.

4. Software

Jika pernah menginstal software dan menemukan bahwa windows tidak cocok dengan software tersebut mungkin salah satu alasannya adalah karena menggunakan versi windows yang berbeda. Karena ada software-software yang memang yang dirancang khusus untuk 32 bit dan tidak dapat di jalankan di 64 bit, atau sebaliknya. Jadi sebelum menggunakan windows cobalah cek versi windows Anda.Untuk mengecek versi windows lakukan langkah-langkah ini :

  1. Tekan tombol start windows
  2. Pada menu Computer klik kanan dan pilih menu properties
  3. Jika menggunakan windows 10 klik kanan pada File Explorer dan pilih menu properties
  4. Perhatikan pada System Type. Di sana akan muncul basis windows 32 bit atau 64 bit. Dan juga di tampil basis prosesor yang digunakan, 32 bit atau 64 bit.
Semoga ulasan mengenai Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Ujang Loberto

    baru tau, maklum nggak da basic di beginian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *