Home » Download Apps & Games » Perbedaan Opera Browser, Opera Mini dan Opera Max

Perbedaan Opera Browser, Opera Mini dan Opera Max

Perbedaan Opera Browser, Opera Mini dan Opera Max – Artikel ini merupakan lanjutan dari Browser Terbaik di Android. Browser opera mini ini merupakan browser yang saya favoritkan ketika menggunakan android. Karena beberapa kelebihan dari browser-browser yang lain. 

Ketika membuka google play untuk mendownload opera mini muncul beberapa jenis opera yakni : opera browser, opera mini dan opera max. Kira-kira apa perbedaan ketiga jenis ‘opera’ ini ? Mari kita bahas satu persatu

Perbedaan Opera Browser, Opera Mini dan Opera Max

perbedaan opera, opera mini dan opera max

Opera Browser

Opera browser atau opera for android merupakan browser yang dapat digunakan di android. Dengan menggunakan browser ini halaman sebuah website akan di tampilkan apa adanya, tidak di kompres. Berarti boros data? memang seperti itulah namun bisa di akali denga menggunakan fitur turbo agar lebih hemat.

Dan juga browser ini boros ram, dan juga bagi yang memiliki smartphone belum 3G dan ram yang kecil sebaiknya jangan menggunakan browser ini karena browser ini lumayan lemot. 😀

Opera Mini

Jika opera mini menampilkan website apa adanya maka kalau menggunakan opera mini akan di kompres di server opera mini agar ukuran menjadi kecil. Data dari sebuah website yang berupa HTML akan dirubah oleh server Opera Mini menjadi OPML.

Fitur Save Page adalah salah satu alasan mengapa saya menyukai opera mini ini. Dengan menggunakan fitur save page ini seseorang dapat menyimpan sebuah halaman website untuk di buka kapan saja tanpa menggunakan paket data. Agar irit paket data 😀

Opera Max

Jika opera mini dan opera browser dapat digunakan untuk browsing namun Opera Max hanya lah sebuah aplikasi. Namun bukan sembarang aplikasi karena opera max merupakan aplikasi yang dibuat untuk melakukan kompresi data. Ketika mengaktifkan opera max ini semua data akan di kompres oleh opera max ini.

Beberapa waktu yang lalu saya menggunakan opera max ini tetapi saya uninstal. Ya memang bisa melakukan kompresi data tetapi sangat kecil kompresinya. Kalau masalah boros ram opera max ini tidak terlalu boros, relativ kecil penggunaannya ram nya. Dan perlu diketahui opera max ini tidak dapat melakukan kompresi data melewati jalur aman ataupun data yang terenkripsi (HTTPS/SSL).

Jika sudah paham tentang perbedaan antara opera, opera mini dan opera max, kira-kira mana yang akan Anda pilih ? Tentunya pilih yang sesuai dengan smartphone anda, jangan sampai smartphone anda panas gara-gara salah pilih aplikasi. Sekian ulasan mengenai Perbedaan Opera Browser, Opera Mini dan Opera Max. Jangan lupa share artikel Perbedaan Opera Browser, Opera Mini dan Opera Max ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. oalah…kirain operma max itu web browser juga…ternyata aplikasi untuk kompress data to…makasih min artikelnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *