Home » Tips Windows » Perbedaan Format FAT32, NTFS dan exFAT

Perbedaan Format FAT32, NTFS dan exFAT

Perbedaan Format FAT32, NTFS dan exFAT – Pernahkah Sobat memformat flasdisk atau hardisk ? Jika pernah maka kita akan menemukan jenis formatnya. Ada FAT32 dan juga NTFS. Ada juga ExFat namun kurang populer karena yang paling sering digunakan adalah format FAT32 dan NTFS.

FAT32, NTFS dan ExFat merupakan format file system file yang digunakan untuk menyimpan data. Agar lebih mudah paham, file system bisa diibaratkan seperti halnya tempat penyimpanan. Kita bisa menyimpan buku di laci, di tas, di rak dan lain sebagainya.

Baca juga : Apa Itu Skinpack, Apa saja kelebihan dan kekuranganya ?

Perbedaan Format FAT32, NTFS dan exFAT

Perbedaan Format FAT32, NTFS dan exFAT

Mengenal FAT32, File System Tua

File system yang satu ini memang bersejarah. Bagaimana tidak, file sistem FAT32 ini sudah ada pada tahun 1977 dengan 9 bit sistem file dan akhirnya berkembang sampai 32 bit seperti sekarang.

Memang sebelum hadirnya FAT32 ini ada FAT8 dan FAT16 namun kurang populer karena fiturnya kurang. By The Way ada yang artinya FAT ? FAT merupakan kepanjangan dari File Allocation Table. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas.

FAT32 ini sering kita jumpai di flasdisk atau memory eksternal. Kelemahan dari file sistem jenis FAT32 ini adalah ukuran maksimal sebuah file adalah 4Gb. Jadi semisal sobat santri drajat memiliki 1 file yang ukurannya 5 Gb maka tidak bisa di simpan di flasdisk yang format FAT32.

NTFS, File System Apa itu ?

NTFS sering kita lihat di hardisk apabila kita menggunakan sistem operasi Microsoft Windows. Jenis File System ini hadir pada tahun 1993. Jenis file system ini merupakan jenis file system yang dikenalkan pada saat munculnya Windows NT 3.1.

Kepanjangan dari NTFS adalah New Technology File System. Jenis file sistem ini mampu mengatur kuota volume untuk setiap penggunanya atau biasanya disebut dengan Disk Quota.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Apa itu File System exFAT ?

Jenis file sistem ini merupakan jenis file system generasi terbaru dari FAT. Jenis file sistem yang satu ini mengalami perbaikan dari file system sebelumnya.

Jika FAT32 hanya mampu menyimpan file data yang besarnya maksimal 4 Gb maka di exFAT ini sobat bisa menyimpan tanpa ada batasan besarnya file. exFAT ini banyak digunakan di memory MicroSD terbaru. Begitulah perbedaan antara FAT32, NTFS dan juga exFAT. Semoga bisa menambah pengathuan kita dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *