Home » Blog » Perbedaan Blogger dan WordPress

Perbedaan Blogger dan WordPress

Perbedaan Blogger dan WordPress – Berkeinginan mempunyai blog namun bingung menggunakan blogger atau wordpress ? Tenang saja kali ini kita akan bahas perbedaan dari platform blog yang banyak digunakan ini. Namun perlu diingat bahwa WordPress yang saya maksutkan disini adalah wordpress self host atau wordpress yang berbayar. Bukan wordpress yang gratis. WordPress Com Gratis, WordPress Org Berbayar untuk sewa hosting. 

Perbedaan Blogger dan WordPress

Perbedaan Blogger dan WordPress

WordPress merupakan CMS (content manajemen system) yang paling populer di antara yang lainnya. CMS ini dapat di download secara gratis di wordpress org

Baca Juga : Download Ebook Cara Membuat Website WordPress

Blogger merupakan layanan blog gratis dari google. Untuk dapat menggunakan blog gratis blogger ini cukup mudah yakni cukup dengan memiliki akun google maka kita dapat memiliki blogger.

Perbedaan Blogger dan WordPress

Jika kalimat-kalimat di atas sudah memahamkan anda sekarang saatnya kita akan bahasa perbedaan blogger dan wordpress ini :

Biaya

Bagi yang awam tentang dunia blogging mungkin yang pertamam kali dipikir adalah masalah biaya ini. Untuk anda yang ingin memiliki blog namun terkendala biaya maka pilih saja blogger sebagai solusinya. Karena blogger 100% gratis. Cukup menggunakan akun Google (gmail) maka anda akan memiliki blog. Namun domain yang sediakan masih sub domain yakni namabloganda.blogspot.com. Karena sifatnya gratis maka terbatas. Jika ingin memiliki domain sendiri cukup dengan menggunakan dana sekitar 150 ribu per tahun maka anda akan dapat domain namaanda.com

Jika menggunakan wordpress maka harus menggunakan dana lumayan yakni sekitar 300ribu pertahun. 150 ribu untuk hosting dan 150 membeli domain.

Baca juga : Jayahost Com, Hosting dan Domain Murah Berkualitas

Fitur

Masalah fitur wordpress memang lebih unggul karena banyaknya plugin gratis yang tersedia. Namun ada pula plugin yang  berbayar.

Sedangkan untuk Blogger terbatas fiturnya. Jika ingin menggunakan tampilan atau menu khusus maka harus memasang script tertentu dan ribet kalau masih awam dalam dunia blogging

Keamanan

Untuk masalah keamanan keduanya sama-sama aman kalau penggunanya benar-benar paham tentang bagaimana mengelola blognya tersebut. Memang terkadang ada orang yang usil kepada blog kita namun tidak perlu khawatir hal itu. Selalu back up blog anda agar jika terjadi apa-apa maka dapat dikembalikan lagi.

Penggunaan

WordPress dan Blogger sama memberikan pelayanan yang bagus sehingga penggunanya lebih mudah menggunakannya. Namun blogger lebih mudah digunakan karena tampilan yang simpel dan cocok untuk blogger pemula.

Pilih WordPress atau Blogger ?

Blogger

Kelebihan

  • Gratis
  • Unlimited bandwith

Kekurangan

  • Domain asli masih menggunakan .blogspot.com
  • Susunan URL yang default dan tidak bisa di ubah (contoh …/2012/03/….)
  • Kapan saja blog anda bisa di hapus google jika melanggar ketentuan namun jarang ini terjadi

WordPress

Kelebihan

  • Banyak Plugin
  • URL bisa di atur sesuai kenginan
  • Tidak bisa dihapus oleh siapun kecuali pemilik blog tersebut.
  • Bisa menggunakan domain sendiri .com .web.id .net. .ord

Kekurangan

  • Berbayar
  • Pengelolaan yang butuh pengalaman
  • Bandwith yang terbatas, bisa unlimited namun lumayan mahal

Blogger cocok untuk digunakan para blogger pemula atau sekedar uji coba ngeblog dan wordpress untuk para blogger yang sudah lumayan berpengalaman. Dulu awal-awal santri drajat ini pun menggunakan blogger namun pada akhirnya saya gunakan wordpress agar lebih powerfull

Demikian ulasan mengenai perbedaan antara blogger dan wordpress. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *