Home - Hardware - Perbedaan antara Netbook, Notebook dan Laptop

Perbedaan antara Netbook, Notebook dan Laptop

Perbedaan antara Netbook, Notebook dan Laptop – Sudah mengerti apa belum mengenai NETBOOK, NOTEBOOK dan LAPTOP. Apa bedanya ketiga benda ini. Karena banyak orang salah mengerti akan ketiga benda ini.

Sekilas Netbook, Notebook dan Laptop benda ini sama. Namun ketiganya memiliki perbedaan, walaupun perbedaannya tidaklah terlalu jauh.

Baca Juga : Apa Itu komputer AIO (All In One)

Saya sendiri browsing-browsing mencari pengertian dari ketiga benda ini. Dari situs-situs yang saya baca, belum ada yang pas dan memahamkan. Akhirnya ketemu dengan situs resminya samsung yang mana menjelaskan tentang NETBOOK dan NOTEBOOK. Bagaimana dengan istilah LAPTOP? Baca saja artikel ini sampai selesai ya.

Perbedaan antara Netbook, Notebook dan Laptop

Perbedaan antara Netbook, Notebook dan Laptop

Apa Itu Netbook ?

Hal yang paling menunjukkan perbedaan antara notebook dan Netbook adalah masalah ukuran. Dari segi ukuran Netbook ukuran lebih kecil yakni l2 inci atau kurang. Dengan ukuran yang mini atau kecil ini maka cocok digunakan untuk browsing atau hal yang berbasis web. Hal inilah yang mendasari namanya menjadi NETBOOK. Hal lain yang menonjol adalah tidak adanya CD atau DVD Room. Dan juga prosesor yang memiliki kecepatan standar menjadi cirinya khasnya. Masalah RAM sebagai penyimpan data sementara pun terbilang standar. Slot RAM pun biasanya cuma disediakan 1 slot saja.

Apa Itu Notebook ?

Ukuran NOTEBOOK yang lebih besar daripada NETBOOK. Ukuranya biasanya 13 Inchi ke atas dan sudah dilengkapi dengan DVD ROM yang sudah seperti komputer dekstop. Prosesor yang digunakan bervariasi. Biasanya sudah kelas menengah ke atas. Bahkan sudah banyak yang menggunakan prosesor melebih komputer dekstop. Untuk masalah RAM pun tersedia 2 slot RAM. Biasanya dari vendor pembuat slotnya dikosongkan 1 slot. Hal ini bertujuan ketika pengguna ingin menambah RAM maka cukup tambahkan RAM saja tanpa harus melepas RAM yang lama.

Dengan hardware dan spesifikasi yang sudah seperti komputer dekstop maka pengguna bisa lebih leluasa menggunakannya. Hal ini tentunya berbeda dengan Netbook yang serba mini.

Baca juga : Cara Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar

Apa Itu Laptop ?

Di atas sudah dijelaskan apa itu NETBOOK dan NOTEBOOK. Lalu apa bedanya dengan Laptop. Dari kamu bahasa Indonesia Online LAPTOP adalah “laptop/lap·top/ n komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang”

Dari kamus tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa Laptop merupakan “panggilan” untuk Notebook dan Netbook. Pada umumnya masyarakat lebih suka menggunakan istilah bahasa laptop daripada netbook dan notebook. Mungkin hal ini karena sudah terbiasa.

Namun ada pendapat yang mengatakan bahwa laptop merupakan kakak dari notebook dan netbook yang mana memilii layar lebih besar yakni 17 inch ke atas. Yang mana yang benar ? Entahlah. Soal istilah saja tidak perlu diperdebatkan 😀

Baca juga : Hal yang harus diperhatikan Sebelum Upgrade RAM

Semoga penjelasan perbedaan antara Netbook, Notebook dan Laptop dapat menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *