Home - Android News - Perbedaan Android One dan Android Go

Perbedaan Android One dan Android Go

Perbedaan Android One dan Android Go – Sistem Operasi yang flesibel dan banyak digunakan untuk perangkat saat ini adalah android. Android merupakan sistem operasi mobile yang open source atau sumber terbuka.

Sumber terbuka artinya setiap orang bisa memilikinya secara gratis atau tanpa harus membayar lisensi. Dan yang paling penting adalah setiap orang bisa merubah sistem operasi tersebut sesuai keinginan.

Kelebihan inilah yang menjadikan android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Para pengembang dari berbagai merk seperti samsung, Xiaomi, Asus dan lainnya bebas untuk merubah Android sesuai versi mereka. Mereka menyesuaikan android seperti keinginan mereka. Atau sekedar membuat ciri khas desain tampilan dari merk-merk tersebut.

Baca juga :

Walaupun android ini merupakan sistem operasi yang terbuka (boleh dikembangkan) namun ada versi android developer utama (google) yang harus kita ketahui. Saat ini Google sebagai developer utama telah menghadirkan Android One dan Android Go. Apa itu Android Go dan Android One ? Simak ulasannya di bawah ini…

Perbedaan Android One dan Android Go

Perbedaan Android One dan Android Go

Apa itu Android One ?

Tahun 2014 Google telah mengumumkan hadirnya Android One. Android One merupakan Android yang hadir untuk smartphone yang low end atau HP yang spesifikasinya masih rendah atau di bawah rata-rata.

Kehadiran Android One ini disambut antusias oleh para pabrikan smartphone yang ingin menghadirkan smartphone dengan harga murah. Karena biasanya smartphone yang harganya murah spesifikasinya juga rendah. Ada barang ada harga.

Termasuk beberapa vendor asal Indonesia, mereka menyambut gembira hadirnya android One ini. Namun seiring perkembangan Android One tidak hanya digunakan oleh vendor yang ingin menghadirkan smartphone low end tetapi juga kelas menengah dan kelas atas. Seperti yang dilakukan Xiaomi. Mereka menghadirkan MI A1 dengan sistem operasi android one.

Mengapa menggunakan Android One ? beberapa alasan vendor menggunakan Android One adalah

  1. Ringan dan Hemat RAM
  2. Update langsung ke server Google tanpa ada pihak ketiga (baca ulasan : Kelebihan Android Murni Yang Perlu Diketahui)

Apa itu Android Go ?

Hadirnya Android Go ini disebabkan perkembangan Android One yang mana banyak digunakan untuk smartphone kelas menengah ke atas. Android GO diumumkan sekitar Mei 2017 lalu. Android GO ini benar-benar dihadirkan untuk smartphone yang kelas bawah.

Di Android GO ini dihadirkan aplikasi yang sangat ringan, karena tujuanya memang seperti itu, untuk hp kelas bawah. Aplikasi yang ringan seperti YouTube GO, GMaps GO, Gmail GO. Contoh HP Android yang menggunakan Android Go ini adalah Nokia 1 yang mana hanya menggunakan RAM 1GB saja. Singkat, Android Go merupakan versi LITE dari Android One, layaknya aplikasi Facebook dan Facebook LITE. Faham kan kira-kira ?

Baca juga :

Mungkin ada yang bertanya ? Lalu sistem operasi android yang benar-benar murni digunakan untuk HP apa ? Android murni digunakan di beberapa HP yang kerja sama dengan Google seperti Nexus dan Pixel. Kedua jenis HP ini kerja sama dengan Google dan mereka menggunakan pure android atau android murni.

Begitulah sedikit ulasan mengenai Perbedaan Android One dan Android Go. Semoga dengan adanya artikel ini para sobat santri drajat bisa membedakan mana android one dan mana android Go. Sekian dan semoga bermanfaat

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *