Home » Hardware » Penyebab Printer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Printer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Printer Not Responding dan Cara Mengatasinya – Printer merupakan hardware yang digunakan untuk mencetak hasil kerja kita, baik berupa tulisan ataupun gambar.

Printer saat ini berbagai macam. Mulai dari printer yang menggunakan tinta bubuk, ada yang tinta cair, ada printer warna, printer hitam putih. Dan mungkin lain kali kita akan bahas mengenai jenis-jenis printer.

Printer seperti halnya perangkat komputer lainnya yang mana bisa mengalami error atau kerusakan. Error yang terjadi pada printer disebabkan banyak hal, bisa jadi memang printer yang sudah rusak atau kesalahan penggunannya.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang printer yang not responding. Not responding ini terjadi pada software nya. Ketika kita akan mencetak tiba-tiba program yang digunakan untuk mencetak macet, ngeblang atau not responding. Untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya simak tipsnya di bawah ini.

Baca juga :

 

Penyebab Printer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Printer Not Responding dan Cara Mengatasinya

Terlalu Banyak Perintah Print

File dokument ratusan lembar jangan sampai langsung di print. Itu kesalahan yang terkadang banyak dilakukan namun tanpa disadari kalau hal itu bisa merusak printer. Bagian yang sering rusak akibat terlalu banyak mencetak sekaligus ini biasanya head printer. Kebanyakan terjadi pada printer canon. Jadi saya sarankan ketika mencetak banyak beri kesempatan pada printer untuk istirahat sejak. Misalnya mencetak 50 lembar kemudian stop beberapa menit kemudian teruskan mencetak lagi. Bertahap saja. Jika sudah not responding gara-gara terlalu banyak melalukan print cobalah matikan printer, dan cancel perintah printernya.

Sambungan Kabel Bermasalah

Kalau kabel printer original bisanya kuat tapi kalau sudah diganti dengan kabel yang beli di toko komputer tentunya hal ini berbeda. Jika terjadi not responding atau printer tidak menanggapi cobalah cek kabelnya. Coba dengan kabel printer yang lain, jika dengan kabel lain bisa maka kemungkinan besar yang rusak adalah kabel printer tersebut.

Instalasi Driver Bermasalah

Driver merupakan hal penting bagi sebuah printer. Maka dari itu ketika driver ini error maka kemungkinan kita tidak bisa melakukan cetak dengan printer. Untuk mengatasinya maka lakukan instal ulang driver. Hal ini bertujuan agar instlasi driver benar-benar sempurna, sehingga proses print dapat dilakukan dengan baik.

Kerusakan Hardware Printer

Kerusakan hardware printer merupakan hal yang wajar. Apalagi dengan bagian catridge pada printer canon, maka tidak usah kaget jika sobat santri drajat perlu menggantinya. Ada banyak kerusakan driver. Untuk memastikan hal ini bawahlah printer yang mengalami error tersebut ke tukang service printer. Karena jika kita masih awam dalam hal printer dikhawatirkan akan malah merusak bagian printer yang tidak rusak. Tentu hal ini tidak ingin kita inginkan, maka untuk langkah tepatnya bawah ke tukang service printer yang tepat.

Mungkin ada solusi lain ketika printer mengalami not responding seperti di atas. Jika sobat pembaca santri drajat memiliki pengalaman tentang print silakan saja share di kolom komentar. Semoga artikel Penyebab Printer Not Responding dan Cara Mengatasinya ini bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *