Home » Tips Windows » Penyebab Laptop Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Not Responding dan Cara Mengatasinya – Error not responding pada laptop memang kadang terjadi. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop not responding. Simak ulasannya di bawah ini.

Laptop zaman sekarang merupakan gadget yang banyak digunakan. Selain smartphone laptop merupakan gadget yang banyak diburu masyarakat, terutama kalangan muda.

Keberadaan laptop memang membantu sekali, bisa dijadikan sebagai pengganti komputer. Laptop lebih unggul dari segi desain yang mana bisa dibawah kemana saja.

Seperti halnya gadget lain, laptop juga bisa mengalami error. Permasalahan yang kadang terjadi di Laptop adalah mengalami not responding atau laptop tidak merespon apa yang kita lakukan.

Hal ini tentunya mengganggu apabila sedang beraktifitas menggunakan laptop. Ada beberapa penyebab laptop not responding dan cara mengatasinya. Penjelasannya sebagai berikut :

Penyebab Laptop Not Responding dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Not Responding dan Cara Mengatasinya
RAM Full

Random Acces Memory merupakan kepanjangan dari RAM. RAM merupakan komponen penting dalam sebuah laptop. Semakin besar laptop maka aktifitas semakin lancar. Sekedar mengingatkan bahwa RAM merupakan sebuah bagian komputer yang berfungsi sebagai tempat berjalannya sebuah program. RAM ibarat jalan raya, semakin besar jalan maka perjalanan akan semakin lancar bukan ?

Maka dari itulah ketika Laptop sobat santri drajat terasa lemot upgrade RAM nya. Jika terdapat 2 slot RAM maka sobat cukup menambahnya saja. Namun jika slot RAM hanya tersedia 1 maka silakan ganti dengan kapasitas yang lebih besar.

Berbicara masalah RAM, setiap laptop memiliki batas maksimal kapasitas RAM. Jika sobat ingin mengetahui batas kapasitas maksimal RAM dari laptop sobat silakan baca artikel “Cara mengetahui batas maksimal RAM Laptop”

Sistem Operasi Bermasalah

Sistem Operasi merupakan nyawa dari sebuah laptop. Dengan adanya sistem operasi ini kita bisa melakukan berbagai aktifitas dengan laptop kesayangan kita.

Perlu diketahui bahwa banyak sistem operasi yang dapat digunakan untuk laptop kita. Mulai dari sistem operasi yang open source atau gratis, ada pula yang berbayar seperti windows.

Baca juga :

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa OS (operating system) windows merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Sistem Operasi yang berjalan di laptop tidak semua bisa berjalan lancar. Kadang kala mengalami not responding. Hal ini bisa juga disebabkan oleh sistem operasi yang mengalami bug.

Jika dirasa memang perlu mengganti sistem operasi maka segera lakukan instal ulang sistem operasi. Sebelum instal ulang sebaiknya backup data di drive C yang kiranya penting.

Untuk sistem operasi di laptop bervariasi. Ada kalanya sistem operasi tidak cocok di laptop tertentu. Hal ini terkait masalah hardware. Jika memang laptop yang lumayan tua maka gunakan sistem operasi yang lama pula seperti windows 7. Karena bisa jadi Driver dari laptop tersebut tidak cocok dengan sistem operasi, dan akibatnya not responding.

Virus

Jangan sembarangan menancapkan flasdisk atau hardisk ke laptop. Drive yang berasal dari luar laptop bisa jadi membawa virus yang membahayakan laptop.

Apalagi jika di laptop sobat tidak terdapat antivirus sama sekali. Hal ini membahayakan. Ada banyak sekali antivirus handal diluar sana yang siap sobat gunakan. Mulai dari antivirus yang berbayar ataupun antivirus yang gratisan.

Kalau saya pribadi menggunakan Windows Defender saja. Karena gratis dan ringan di laptop, sama sekali tidak memberatkan sistem operasi. Dan tentunya aman dari virus-virus.

Silakan baca Ciri-ciri komputer terserang Virus atau Malware. Jika sobat menemukan ciri-ciri yang sama silakan segera hapus virus-virus tersebut menggunakan antivirus yang sobat andalkan. Kalaupun jika sudah terlalu parah virusnya maka solusinya adalah instal ulang. Mau hal ini untuk mengantisipasi virus yang bisa menghapus data. Jadi sebelum terlambat sebaiknya instal ulang saja.

Baca juga :

Hardware Bermasalah

Komponen dari sebuah laptop bisa juga menjadi penyebab laptop yang not responding. Hardware mengalami kerusakan atau bermasalah bisa disebabkan oleh faktor usia pemakaian. Atau juga bisa jadi disebabkan oleh penggunakan di atas batas normal.

Kerusakan atau masalah hardware yang bisa menyebabkan laptop not responding adalah dibagian Hardisk, RAM atau Motherboard. Kalau mengganti Hardisk dan RAM tidak terlalu masalah, karena harga masih wajar. Tetapi kalau mengganti motherboard biasanya cukup menguras kantong.

Dulu saya sempat mengecek laptop teman dan mengalami kerusakan bagian motherboard. Dan kalau ganti motherboard harganya mahal, bisa dibelikan laptop second. Ya akhirnya laptopnya dibiarkan begitu saja.

 

Beberapa penyebab laptop not respondingdan cara mengatasinya di atas bisa dijadikan bahan sobat untuk memperbaiki sendiri laptopnya. Tanpa harus ke tukang service, itu kalau sobat bisa menginstal ulang dan tentunya sedikit banyak paham tentang hardware. Jika memang masih awam bawah saja ke tukang service, biarkan teknisi memperbaikinya. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *