Home » Hardware » Penyebab Laptop Lag Saat Main Game dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Lag Saat Main Game dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Lag Saat Main Game dan Cara Mengatasinya – Bermain game di laptop memang mengasyikkan. Game bisa dijadikan sebagai hiburan di waktu senggang. Karena hiburan tidak harus ke tempat wisata. Perkembangan game untuk komputer atau laptop saat ini memang terbilang cukup bagus.

Alasan mengapa orang lebih suka menggunakan laptop atau komputer sebagai media untuk bermain game adalah karena lebih simple. Laptop media yang multi fungsi, selain untuk aktifitas harian, seperti mengetik, bekerja dan lain sebagainya maka laptop bisa dimanfaatkan untuk bermain game sebagai hiburan.

Tetapi pada kenyataannya terkadang orang kurang puas dengan bermain game di laptop atau komputer. Mengapa ? Alasannya adalah karena terkadang ketika bermain game mengalami LAG atau game not responding. Mengapa sampai terjadi lag pada laptop ketika sedang bermain game ? Simak jawabannya di bawah ini.

Baca juga

Penyebab Laptop Lag Saat Main Game dan Cara Mengatasinya

Pada dasarnya terdapat alasan mengapa laptop sampai lag ketika bermain game yakni :

1. Spesifikasi Game Tinggi

Sebelum menginstal sebuah game sebaiknya perhatikan baik-baik tentang spesifikasi minimal hardware-nya. Semua software dan aplikasi biasanya memiliki batas minimal yang wajib diketahui. Sepertinya halnya di aplikasi android, kadang aplikasi bisa dijalankan di android versi 5.0 ke atas namun tidak bisa di jalankan di versi 5.0 ke bawah.

2. Spesifikasi Laptop atau Komputer Perlu Upgrade

Jangan memaksa sebuah laptop atau komputer untuk menjalankan sebuah game yang berat. Karena hal ini akan bisa merusak laptop atau komputer tersebut. Apalagi jika laptop yang ukurannya 12 ke bawah, karena kebanyakan notebook yang ukurannya 12 inchi ke bawah ini spesifikasinya terbatas dan sulit untuk di upgrade dan spesifikasinya pun sebatas bisa digunakan untuk aktifitas ringan saja, seperti menjalankannya Microsoft Word, Excel, Slide Powerpoint dan sebagainya. Jangan jadi berharap banyak ke laptop yang spesifikasinya pas-pasan. Seperti berharap kembalinya mantan ingat ke sobat. Haha 😀 Mustahil.

Untuk bermain game di laptop perhatikan: processor, RAM, VGA dan sebagainya. Perhatikan juga sistem operasinya. Usahakan menggunakan sistem operasi yang benar-benar terupdate.

3. Koneksi Internet Kurang Stabil

Walaupun game online spesifikasi laptop dan komputer juga penting. Dan yang juga perlu diperhatikan adalah masalah koneksi internet. Hal ini penting sekali. Jagalah koneksi internet sobat benar-benar stabil ketika menjalankan game online. Karena apabila berubah tambah lemot atau lambat ya sobat merasakan sendiri akibatnya yakni game nya lemot atau bahkan not responding.

Jadi seorang gamer memang harus mengerti spesifikasi game dan juga spesifikasi hardware yang sedang digunakan. Kalau tidak mau lag gunakan komputer yang khusus untuk game yang harga cukup lumayan, dan untuk koneksi internet gunakan yang stabil dan tidak mudah terjadi error. Sekian tentang Penyebab Laptop Lag Saat Main Game dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *