Home » Hardware » Penyebab dan Solusi Komputer Yang Tiba-tiba Mati

Penyebab dan Solusi Komputer Yang Tiba-tiba Mati

Penyebab dan Solusi Komputer Yang Tiba-tiba Mati – Komputer yang terdiri dari software dan hardware adalah sebuah benda yang dapat membantu seseorang untuk mempermudah pekerjaan. Namun terkadang terdapat masalah yang mana membuat pengguna tidak nyaman, salah satunya adalah komputer yang tiba-tiba mati sendiri. Pernahkan anda mengalami demikian ?
Penyebab dan Solusi Komputer Yang Tiba-tiba Mati

Jika pernah mengalami komputer yang tiba-tiba mati sendiri sebaiknya jangan buru-buru di bawah tukang servis, biar hemat 😀 Di bawah akan dijelaskan penyebab dan solusi komputer yang tiba-tiba mati.

Penyebab Komputer Yang Tiba-tiba Mati

  • Komputer mengalami Overheat atau panas berlebihan
  • Virus Komputer
  • Kesalahan pada sistem operasi (Windows)
  • Hardware mengalami Kerusakan

Solusi Komputer Yang Tiba-tiba Mati

Komputer mengalami Overheat atau panas berlebihan

Jika komputer mengalami overheat atau panas berlebihan adalah karena kipas prosesor tidak berfungsi dengan baik. Jika mengalami overheat coba cek kipas prosesor ini. Jika memang tidak bisa berfungsi dengan baik segera ganti dengan yang baru, harga relatif murah kok. Agar udara di dalam CPU tidak panas cobalah tambahkanlah kipas lagi yang di pasang di belakang CPU agar sirkulasi lebih sempurna.

Baca juga : Cara Merawat CPU yang Baik dan Benar

Virus Komputer

Jangan pernah meremehkan virus. Bagi orang awam mungkin akan senyum kecut atau meremehkan virus ini karena tidak pernah terkena yang namanya virus namun bagi yang sudah punya pengalaman tentang virus maka akan berhati-hati dengan virus. Virus dapat melakukan pencurian data pengguna, merusak sistem operasi, merusak hardware dan lain dapat melakukan hal lainnya.

Ada virus ini terkadi kurang adanya antivirus yang benar-benar mampu menghapi virus ini. Karena itulah pasanglah antivirus yang benar-benar bagus. Bagi pengguna sistem operasi windows rekomendasi saya adalah Microsoft Security Essential. Antivirus gratis namun powerfull.

Baca juga : Ciri-ciri komputer yang terkena Virus

Kesalahan pada sistem operasi (Windows)

Crash pada sistem operasi adalah satu penyebab kenapa komputer tiba-tiba mati. Crash sistem operasi ini terkadang disebabkan oleh instasi atau penggunaan software tertentu yang jika salah menggunakannya akan merusak sistem operasi windows. Dan terjuga terkadang terjadi kesalahan pada saat instalasi windows. Jadi harus menginstal windows yang baik benar agar tidak terjadi crash saat digunakan.

Baca juga : Cara Instal Windows Yang Baik dan Benar

Hardware mengalami Kerusakan

Error atau kerusakan pada hardware juga bisa bisa menjadi salah satu penyebab kenapa komputer mati sendiri. Bisa terjadi pada RAM atau motherboard yang sudah tidak layak untuk dipakai, selain motherboard dan RAM hardware lainnya pun harus cek agar benar-benar tahu rusaknya dimana.

Baca juga : Tips Merawat LCD Laptop Agar Awet

Demikian Penyebab dan Solusi Komputer Yang Tiba-tiba Mati. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *