Home » Hardware » Penyebab dan Ciri-ciri Power Supply Mengalami Kerusakan

Penyebab dan Ciri-ciri Power Supply Mengalami Kerusakan

Penyebab dan Ciri-ciri Power Supply Mengalami Kerusakan – Power supply merupakan hardware mengurus bagian kelistrikan. 😀 Power Supply adalah perangkat yang mengatur listrik dalam sebuah PC. Dengan adanya power supply ini maka komputer akan dapat menyala.

Baca juga : Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Seperti halnya perangkat keras lain, power supply juga bisa mengalami kerusakaan. Jika hal ini sudah terjadi maka jangan harap komputer bisa berjalan dengan normal. Kerusakan power supply bermacam-macam sebabnya. Apa seja sebabnya ?

Penyebab dan Ciri-ciri Power Supply Mengalami Kerusakan

Penyebab Power Supply Rusak

1. Tegangan Listrik Yang berubah ketika komputer menyala

Listrik berpengaruh terhadap sebuah perangkat elektronik, tidak hanya komputer sebenarnya. Perangkat elektronik jika menggunakan tegangan yang berubah-ubah maka akan mempercepat kerusakan pada perangkat tersebut.

2. Mematikan Komputer tidak sesuai prosedur

Biasanya ini dilakukan oleh anak kecil yang suka mematikan komputer dengan menekan tombol power bukan melalui langkah tertentu. Jika hal ini sering terjadi maka dapat menyebabkan kerusakan pada bagian komputer yakni power supply.

3. Terjatuh atau terbentur benda lain

Letakkan komputer atau laptop di tempat yang aman. Jangan sampai diletakkan di tempat yang mudah terjatuh. Misalnya di atas meja tanpa ada pengaman.

Di atas sudah jelas bukan penyebab mengapa power supply bisa mengalami kerusakkan. Kemudian, sudah sobat tahu apa saja tanda dari power supply yang mengalami kerusakkan ? Jika belum maka di bawah ini akan dijelaskan ciri Power supply yang mengalami kerusakkan.

Ciri Power Supply Mengalami Kerusakan

  1. Menyala hanya beberapa saat kemudian mati lagi, bahkan tidak sampai masuk booting
  2. Respon yang lama ketika menekan tombol power. Komputer tidak langsung menyala. Terkadang harus menekan beberapa kali untuk bisa menyalakan komputer
  3. Shutdown dan restart yang lemot. Dan bahkan tidak bisa kita shutdown padahal sudah menekan perintah shutdown.

Nah begitulah Penyebab dan Ciri-ciri Power Supply Mengalami Kerusakan. Jika komputer sobat ada tanda seperti di atas maka segera periksa lagi ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *