Home » Hardware » Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Laptop & Komputer

Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Laptop & Komputer

Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Laptop & Komputer – Layar tiba-tiba hitam dan tidak menyala biasanya disebut black screen atau layar hitam. Mengapa sampai terjadi black screen atau layar hitam ini ? Apakah yang salah dengan laptop atau komputer yang digunakan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Laptop & Komputer

Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Laptop & Komputer

Lebih lanjut mari kita bahas satu persatu-satu. Karena di atas judulnya Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Di Laptop dan Komputer maka akan saya bagi menjadi 2 point yakni Black Screen di Laptop dan Black Screen di Komputer

Baca juga : Cara Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar

Cara Mengatasi Black Screen Di Laptop

Semakin hari semakin banyak pengguna laptop. Alasan banyak menggunakan laptop adalah karena simpel dan bisa di bawah kemana saja. Memang demikian, namun jika sobat menggunakan laptop dan mengalami black screen tidak perlu cemas dan tetaplah tenang. Kita akan bahas satu persatu.

  • Kabel Konektor Bermasalah

Kabel penghubung antara layar dan mainboard laptop bisa jadi menjadi penyebab salah satu masalah layar black screen. Namun hal ini jarang ditemukan. Namun untuk mengantisipasi silakan cek kabel antara layar dan mainboard. Kabel ini berada di dalam, jadi untuk membongkarnya diperlukan keahlian khusus. Sebaiknya jangan asal bongkar kalau tidak bisa memasang. Kalau tidak bisa silakan bawa saja ke tukang service.

Baca juga : Cara Merawat CPU yang Baik dan Benar

  • Layar LCD Rusak

Kalaupun memang layar rusak ya harus mengganti layar. Kerusakan layar bisa terjadi karena kesalahan pengguna. Misalnya saja karena ketika membawa laptop layar sering tertekan dan sebagainya. Atau juga yang paling parah adalah terinjak yang menyebabkan retak. Jika sudah terjadi kerusakan di layar hal yang tepat adalah mengganti layar. Kerusakan disini berkaitan dengan masalah hardware, bukan software. Apalagi kalau sudah pecah atau retak tentunya tidak bisa di lem atau direkatkan kembali.

  • Windows Corropt Atau Bermasalah

Hal ini yang sering terjadi. Sistem Operasi Windows yang bermasalah menjadi penyebab utama mengapa laptop black screen. Saya dulu pun sering mengalami hal ini ketika menginstal laptop orang lain. Hal ini karena tidak cocoknya type sistem operasi dengan laptop tersebut. Atau juga bisa aplikasi yang mana malah menyebabkan error.

Pernah suatu ketika saya menginstal laptop dan setelah menginstal aplikasi dan restart malah layar mengalami black screen dan terpaksa menginstal windowsnya lagi dari awal. Jangan sampai sobat mengalami hal demikian. Cirinya biasanya adalah semua lampu indikator tetap menyalah namun layar tetap black screen atau tidak muncul apapun.

Kesimpulan dan Solusi Layar Black Screen Laptop

Jika sobat mengalami black screen di laptop jangan buru-buru di bawah ke tukang service. Jangan pula cepat-cepat mengambil kesimpulan yang terjadi adalah kerusakan hardwarenya. Kita coba cek terlebih dulu. Kalau yang rusak atau error pada sistem operasi atau windowsnya seperti yang di jelaskan pada point ketiga di atas. Maka caranya cukup mudah.

  1. Pertama silakan buat bootable windows di USB flasdisk – Baca : Cara membuat bootable menggunakan rufus
  2. Setelah membuat bootable cobalah instal windows tersebut ke laptop yang mengalami black screen.
  3. Jika bisa di Instal, berarti yang error atau bermasalah adalah windows atau sistem operasinya.
  4. Jika tetap black screen maka yang terjadi kemungkinan adalah kerusakan layar atau kabel konektor nya. Kalau belum bisa mengatasi masalah hardware sebaiknya jangan dipaksakan. Silakan bawah ke tukang service.

Cara Mengatasi Black Screen Di Komputer

Untuk Black Screen pada komputer berbeda dengan laptop di bawah ini penjelasannya.

  • Pemasangan RAM Kurang Tepat

Jika sobat santri drajat memasang RAM komputer sebaiknya berhati-hati. Karena apabila kurang pas saat memasang RAM komputer maka yang terjadi adalah black screen. RAM harus benar-benar terpasang dengan tepat di slotnya. Jika terjadi black screen silakan cek posisi RAM terpasang di slot. Silakan lepas dan pasang lagi dengan benar.

  • VGA Card Bermasalah

VGA merupakan hardware yang mengatur tampilan. Lebih jelasnya silakan baca artikel tentang Apa itu VGA. Jika memakai VGA Eksternal coba lepaskan VGA eksternal tersebut dan gunakan VGA bawaan (on Board). Jika memakai VGA On Board menyala berarti VGA Eksternal sobat bermasalah. Mungkin terjadi kerusakan pada VGA tersebut.

  • Kabel Putus atau Bermasalah

Kabel yang dimaksut disini adalah kabel dari PC ke Monitor dan juga kabel power. Cobalah cek 2 kabel ini. Bisa jadi jika terjadi black screen penyebabnya adalah putusnya kabel-kabel ini. Apalagi jika jarang digunakan diletakkan di gudang bisa saja digigit tikus tanpa sepengetahuan kita. Coba gunakan monitor lain atau kabel lain. Jika komputer menyala berarti kerusakan di kabelnya.

  • Layar Monitor Rusak

Layar monitor juga bisa rusak. Karena itulah cobalah dengan menggunakan beberapa layar ketika terjadi black screen. Hal ini untuk mengetes apakah yang mengalami masalah apakah monitornya atau bagian lainnya.

Baca juga : Mengenal Berbagai Macam Kerusakan Berdasarkan Bunyi CPU

Itu beberapa tips mengatasi layar black screen. Lumayan panjang juga artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Laptop & Komputer ini 😀 Perlu sobat Santri Drajat ketahui bahwa tutorial mengatasi black screen ini tidak berlaku di komputer type AIO karena saya sendiri belum pernah mengotak atik komputer type AIO. Semoga saja artikel Penyebab dan Cara Mengatasi Black Screen Laptop & Komputer ini bermanfaat dan jangan lupa share artikel kami ini.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *