Home - Tips Android - Penyebab Android dan Smartphone Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Android dan Smartphone Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Android dan Smartphone Panas dan Cara Mengatasinya – Ada banyak sekali pengguna smartphone diantara kita. Salah satu kendala dari pengguna smartphone adalah cepat panas. Panas tersebut dihasilkan dari aktifitas smartphone yang berlebihan. Sah-sah saja menggunakan smartphone berlama-lama tapi perlu diperhatikan adalah penggunaan yang tidak wajar akan menyebabkan panas. Panas ini sebenarnya tidak seluruhnya, yang panas menurut saya pada bagian baterai. Seperti menjalankan kendaraan bermotor, semakin lama maka mesin akan terasa panas. Begitu pula dengan smartphone. Agar tidak panas, cobalah tips di bawah ini agar smartphone sobat tidak panas.

 

Gunakan Android Dengan Benar

Ketika pengguna melukan beberapa aktifitas secara bersamaan (multi tasking) di handphone android maka butuh tenaga baterai yang lebih besar. Sama seperti halnya bila kita menyalakan satu lampu maka hanya butuh tenaga seperlunya untuk satu lampu, namun bila beberapa lampu secara bersamaan maka akan butuh tenaga lebih. Begitu pula dengan ponsel atau tablet android atau smartphone lainya. Baterai akan dikuras tenaganya untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan. 

Penyebab Android dan Smartphone Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Android dan Smartphone Panas dan Cara Mengatasinya

Jika tidak mau handphone panas maka sebaiknya jalankan apikasi seperlunya saja. Kalau memang sedang digunakan untuk sms sebaiknya tutup aplikasi online karena dengan menjalankan sms dan aplikasi online seperti facebook, twitter maka perlu tenaga lebih.

Sinyal Handphone

Jangan memaksakan untuk melakukan browsing ketika sinyal tidak stabil. Ketika kita berada di tempat tidak terdapat sinyal atau sinyal lemah dan kita melakukan browsing itu sama halnya memaksakan handphone bekerja lebih, tentunya akan butuh banyak tenaga baterai. Jadi kalau memang sedang tidak ada sinyal tidak usah melakuan browsing atau menyalakan paket data. Bagi yang suka selfie dan upload foto, sebaiknya di tahan dulu untuk upload foto. Kalau sinyal sudah stabil baru bisa melakukan upload foto.

Aplikasi Bekerja di Background

Terkadang kita tidak sadar banyak aplikasi yang tetap menyala di balik layar, tidak tampil di layar. Biasanya seseorang ketika menjalan sebuah aplikasi tidak menekan tombol exit pada aplikasi tersebut, langsung menekan tombol home. Ini berakibat aplikasi akan tetap berjalan tanpa kita sadar, kalau saya pribadi biasanya ketika menggunakan browser opera mini langsung tekan tombol home, dan akibatnya aplikasi opera mini tersebut tetap berjalan di balik layar.

Kalau ingin tulisan sms lebih unik bisa mencoba autotext blackberry di android

Kalau memang aplikasi sudah tidak dipakai maka ada baiknya aplikasi tersebut dihentikan dengan memilih menu keluar/exit. Tetapi terkadang aplikasi tidak dibekali dengan tombol tersebut, kalau tidak ada tekan tombol kembali dan cek di memori, aplikasi yang sedang berjalan (running) kalau sudah tidak aktif berarti aplikasi tersebut memang sudah tidak berjalan di ponsel android kita.

Kondisi Lingkungan

Suhu udara yang panas akan menyebabkan beterai cepat panas pula. Apalagi di siang bolong di ruangan atau di luar ruangan yang panas maka akan menyebabkan baterai cepat panas. Kalau memang sedang tidak butuh menggunakan handphone ketika suhu udara panas.

Kualitas Baterai

Membeli ponsel bekas adakalanya kualitas baterai sudah menurun. Kalau sudah begitu sebaiknya membeli beterai yang baru. Dan usahakan membeli baterai yang orisinil karena orisinil biasanya lebih awet dan tidak mudah cepat habis. 

br>

Baca juga : Baterai Dobel Power Itu Tidak Ada

Demikian Penyebab Android dan Smartphone Panas dan Cara Mengatasinya. Semoga bermanfaat dan silakan dishare artikel Penyebab Android dan Smartphone Panas dan Cara Mengatasinya ini kepada teman-teman yang lain agar lebih bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *