Home - Blog - Pengoptimalan Pembuatan Web dan Blog

Pengoptimalan Pembuatan Web dan Blog

Pengoptimalan Pembuatan Web dan Blog – Dunia internet saat ini bisa dikatakan perkembangan sangat pesat. Bagaimana tidak hampir semua orang memiliki gadget yang masuk dalam kategori smartphone bisa terhubungan ke internet. Dari gadget itulah orang-orang banyak mengakses internet. Bila bicara internet tentunya kita akan mengenal website atau blog. Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.
Kami kira dalam membuat website dan blog di zaman sekarang ini sangat mudah. Kesulitan membuat sebuat website tergantung website jenis apa yang akan digunakan dan juga tujuan dari website iitu sendiri. Yang paling mudah menurut kami adalah membuat website berbasis joomla atau wordpress karena dengan hanya beberapa kali klik akan bisa langsung digunakan website tersebut.
 
 
Dari pengamatan banyak orang membuat blog dan website namun masih amburadul dalam pengelolaannya. Contohnya saja satu orang mempunyai beberapa blog namun dalam pengelolaan masih belum maksimal. Menurut kami lebih baik mempunyai satu web namun optimal. Dalam membuat website ada beberapa langkah yang harus dilakukan :

1. Tetapkan Tujuan

Dalam membuat website kita harus mempunyai tujuan yang jelas dari pembuatan website itu sendiri. Mungkin banyak orang ingin membuat website namun tidak sadar akan apa yang akan dilakukan dengan website itu sendiri. Karena itulah sangat penting menetapkan tujuan dari website dari itu, misalnya web profil sekolah, website pendaftaran online dan lain sebagainya.

2. Tetapkan Template/Desain

Desain dari sebuah web sangat mempengaruhi pengunjung untuk tetap senang menggujungi web tersebut. Karena bila desain web tidak menentu atau berubah-ubah maka pengunjung akan cepat merasa bosan dan biasanya akan logout dari web tersebut. So, tetapkan desain web yang praktis sesuai dengan tujuan. Saya sarankan tampilan website simpel-simpel saja, yang penting tujuan utama dari web tersebut tercapai.

3. Isi

Bila dua point di atas sudah tercapai, maka tentunya web tersebut harus di isi sesuai dengan tujuan. Dalam pengisian sebuah web maka isi web tersebut dengan hal-hal yang menjadi tujuan dari web tersebut. Permudah pengujung dengan memberikan panduan atau link yang tepat dan juga tombol navigasi. Dan jangan memperbanyak iklan dalam sebuah web kalau tidak bisa mengaturnya dengan maksimal. Semakin banyak iklan maka akan memperlambat loading sebuah web. Dan tentunya akan membuat bosan pengunjung website tersebut dan bisa-bisa tidak akan mengjungi web tersebut. Kalau website tersebut bersifat dinamis maka rutinlah untuk diupdate isinya yang berisi artikel ataupun yang lainnya untuk memperbarui isi dari web tersebut.
 
Sekian tips dari kami tentang pengoptimalan pembuatan sebuah web/blog.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *