Home - Android News - Penggemar Selfie, Pilih Oppo F1 plus atau Vivo V5 ?

Penggemar Selfie, Pilih Oppo F1 plus atau Vivo V5 ?

Penggemar Selfie, Pilih Oppo F1 plus atau Vivo V5 ?  Kini fungsi ponsel bukan sekadar alat komunikasi, melainkan alat foto yang diandalkan. Pasalnya, berbagai vendor berlomba-lomba memproduksi smartphone dengan resolusi kamera fantastis serta maraknya media sosial berbagi foto, yang memerlukan kuota paket internet cukup banyak. Dari sederet pilihan, berikut ulasan perbandingan dua rekomendasi smartphone.

Salah satu pertimbangan dalam membeli smartphone adalah besar kecilnya RAM. Baik Oppo F1 plus dan Vivo V5 sama-sama sebesar 4 GB. Kemudian, untuk memori internalnya, Oppo F1 plus lebih unggul yakni 64 GB, sementara pesaingnya setengah dari itu. Lalu, berapa ukuran SD card yang bisa ditampung keduanya? Dalam hal ini mereka imbang lantaran mampu menampung 128 GB.

Baca juga : Daftar HP Android Kamera Depan Cocok Untuk Selfie

Aktivitas selfie adalah salah satu hal yang menghabiskan daya batrei. Dari keduanya, mana yang lebih awet? Tampaknya Vivo V5 menjawab kekalahannya dari segi memori internal, karena berdaya 3.000 mAh, lebih besar 150 mAh dari Oppo F1 plus. Jenis batrei mereka pun sama yaitu non-removeable. Hal lain yang membedakannya, Oppo F1 plus memiliki fitur fast charge, sementara kompetitornya tidak, sehingga daya batreinya yang lebih rendah tidak berpengaruh. Penggemar media sosial, Oppo F1 plus tampaknya cocok mendukung hobi Anda dalam jangka waktu lama. Karenanya, selalu pantau ketersediaan paket internet agar tidak kehabisan saat seru-serunya.

Penggemar Selfie, Pilih Oppo F1 plus atau Vivo V5 ?

Bagi penggemar selfie rasanya tidak afdol jika tidak mengunggah fotonya ke media sosial seperti Instagram. Karenanya, diperlukan jaringan yang baik untuk merealisasikan hal tersebut. Tenang saja, keduanya berimbang, karena sama-sama Dual-SIM 4G. Namun, dari segi software, Vivo V5 lebih unggul selangkah dari Oppo F1 plus; Marshmallow dan Lollipop.

Ukuran layar yang besar adalah pertimbangan lain dalam membeli smartphone. Dengan begitu, background foto yang terambil akan lebih luas. Dari dua rekomendasi ini, mereka menawarkan hal yang sama yaitu 5,5 inci, tapi berbeda pada jenisnya. Jika Oppo F1 plus adalah Amoled (1920 x 1080 piksel), maka Vivo V5 adalah IPS (1280 x 720 piksel). Walau ada perbedaan, layar keduanya diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 4.

Selain RAM, prosesor merupakan tolok ukur yang memengaruhi lemot tidaknya sebuah smartphone. Kalau meninjau dari segi ini, maka Oppo F1 plus lebih unggul dari pesaingnya; MediaTek Helio P10 octa-core 2.0 GHz dan MediaTek 6750 octa-core 1.5 GHz. Sementara dari segi sistem operasi, Vivo V5 membalas kekalahannya, karena memiliki Funtouch OS 2.6 (Android 6.0) dan Oppo F1 plus sedikit lebih lama yaitu ColorOS 3.0 (Android 5.1). Meski begitu, sistem operasi ini memiliki keunikan, yang menjamin kesehatan mata pengguna dengan adanya fitur eye protection. Sangat menunjang kebutuhan pengguna yang menjadikan smartphone sebagai partner kerja. Kemudahan ini pun semakin dilengkapi dengan adanya pembelian pulsa via online di Traveloka.

Lalu, bagaimana dengan resolusi kameranya? Dengan mengusung tagline “Selfie Expert,” Oppo F1 plus menawarkan 13 MP untuk kamera belakang dan 16 MP untuk kamera depan. Sementara kompetitornya yang mempunyai tagline “Perfect Selfie”, menawarkan kamera belakang yang sama, tapi kamera depannya lebih besar 4 MP. Tidak hanya itu saja, mereka pun mempunyai kelebihan masing-masing dalam hal kamera.

Oppo F1 plus  memiliki fitur fixed-focus sehingga saat selfie dengan pencahayaan standar akan terlihat lebih jelas. Selain itu, kamera depannya bisa menangkap gambar empat kali lebih sensitif. Sementara kelebihan kamera belakangnya terletak pada fitur auto focus serta dilengkapi dengan ultra HD, beauty 4.0, filters, mode panorama, GIF animation, double exposure, dan lain sebagainya. Sayangnya, jika melakukan zoom pada area rendah cahaya, maka bintik-bintik akan muncul pada foto. Namun, hal tersebut sangat wajar untuk ukuran smartphone. Bagi Anda yang suka membuat Vlog, ponsel pintar ini patut sebagai pilihan, karena kemampuan kameranya yang baik walau di dalam ruangan. Saat kehabisan pulsa pun tidak perlu susah-susah mencari. Pasalnya, tinggal buka aplikasi Traveloka, maka setelah transaksi yang mudah saldo Anda akan terisi.

Vivo V5 pun tidak mau kalah dalam unjuk kelebihan. Smartphone ini memiliki sensor Sony IM376 Exmor RS dan memiliki aperture f/ 2.0 serta lima elemen lensa sehingga menghasilkan selfie yang bagus. Ditambah lagi ditunjang dengan fitur Face Beauty Mode 6.0 yang ada di dalamnya. Resolusi videonya juga Full HD 1080 x 1290 piksel. Selain itu, fitur Phase Detection Autofocus yang terdapat pada kamera belakang mampu mempercepat kecepatan auto focus kurang dari satu detik.

Fitur tambahan dari Oppo F1 plus dan Vivo V5 terbilang sama seperti adanya Fingerprint. Sayangnya, dengan desain premium, Vivo V5 tidak memiliki port USB Type-C, memakai slot SIM hybrid, dan tidak adanya NFC. Untuk mengatasinya, usahakan jaringan internet selalu terhubung guna memudahkan perpindahan file. Jangan risau, Traveloka menyediakannya setiap saat, bukan? Sementara rivalnya memiliki desain mewah, tipis, dan berbahan metal serta memiliki berat yang sangat ringan yakni 145 gram.

Perbedaan harga keduanya pun signifikan. Oppo F1 plus, keluaran Januari 2016, sampai saat ini masih bertengger di atas lima juta. Sementara kompetitornya yang diedarkan di Indonesia pada 26 November 2016 dibanderol sebesar 3,5 juta.

Itulah ulasan perbandingan antara Oppo F1 plus dan Vivo V5. Bagaimana, apa membuat Anda semakin bingung untuk memilihnya, karena kelebihan dan kekurangan masing-masing? Namun, yang pasti harus disesuaikan dengan dana yang ada. Terlepas dari hal tersebut, bagi Anda yang tidak hanya hobi selfie, melainkan fotografi juga, maka sebaiknya pilihlah Oppo F1 plus.

Penggemar Selfie, Pilih Oppo F1 plus atau Vivo V5?

Hasil jepretan kamera belakang Oppo F1 plus. Diambil dari www.Techno.id

Penggemar Selfie, Pilih Oppo F1 plus atau Vivo V5 ?

Hasil jepretan kamera belakang Vivo V5. Diambil dari beritagar.id/ Yoseph Edwin

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *