Home » Hardware » Pengertian VGA Card dan Jenis-Jenisnya

Pengertian VGA Card dan Jenis-Jenisnya

Pengertian VGA Card dan Jenis-Jenisnya – Sebuah komputer merupakan rangkaian dari beberapa komponen yang mana semuanya aling berhubungan. Jika ada yang kurang maka komputer tidak akan dapat berjalan sebagai mana mestinya. Misalnya saja jika tidak ada RAM nya maka komputer tentunya tidak dapat menyala.

Baca juga : Cara Login Banyak Akun Di Mozilla Firefox
Bagian penting dari komputer adalah VGA Card. VGA Card ini merupakan bagian yang mengatur tampilan, istilah gampangnya begitu 😀 . VGA Card nama latinya adalah Video Grapic Array alah sebuah hardware (perangkat keras) yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. Sedangkan Card sendiri dapat di artikan sebuah kartu karena memang VGA Card ini di tancapkan pada bagian komputer yang di sebut motherboard. Hampir mirip dengan RAM yang di tancapkan pada motherboard.

Fungsi VGA Card, yang sering disebut Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card, adalah berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

Pengertian VGA Card dan Jenis-Jenisnya

Jenis-Jenis dari VGA Card ini terdiri dari 2 macam yakni

1. VGA Intergrated atau VGA Onboard

Pengertian VGA Card dan Jenis-Jenisnya

VGA Card jenis ini merupakan VGA Card bawaan dari motherboard. Jika anda menggunakan komputer hanya untuk menggunakan microsoft office dan program standart maka kiranya cukup menggunakan VGA ini.

Kekurangan VGA Onboard / VGA Intergrated :

  • Kualitas standart
  • Mengurangi memori utama karena VGA juga butuh RAM
  • Kurang cocok untuk para desainer grafis atau editor video karena untuk mendesain atau mengedit gambar atau video butuh kualitas gambar yang bagus.

Kelebihan VGA Onboard / VGA Intergrated :

  • Tidak perlu membeli VGA lagi karena sudah ada bawaan, irit
  • Mudah digunakan dan tidak ribet, cocok untuk para pekeraja kantoran yang bekerja menggunakan software standart seperti microsoft office dan program bawaan windows
  • Jarang terjadi error atau masalah karena sudah klop dengan motherboard

2. VGA Offboard atau VGA Card add-on

Pengertian VGA Card dan Jenis-Jenisnya

VGA Card jenis merupakan VGA Card yang kita tambahkan ke dalam komponen komputer. VGA Card jenis ini terbagi menjadi beberapa macam yakni :
VGA PCI
Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA VGA PCI ini sekarang sudah jarang sekali dipergunakan, karena adanya keterbatasan pada fitur-fiturnya.
VGA AGP
Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O-nya.

VGA PCI EXPRES

Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya, dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s.

Sebenarnya ada 2 jenis VGA Off-board ini yakni VGA ISA dan VGA EISA namun keduanya sudah tidak terpakai karena sudah jadul (jaman dulu) 😀

Kekurangan VGA OffBoard :

  • Harganya lumayan mahal bahkan ada yang harganya lebih mahal dari sebuah laptop 😀
  • Harus mencari yang sesuai dengan komponen komputer

Baca juga : Ciri Hardisk yang Mengalami Kerusakan
Kelebihan VGA OffBoard

  • Tidak memakan memori utama, karena sudah ada memori tersendiri dari VGA Card jenis ini
  • Dapat menampilkan hasil kualitas gambar atau video yang bagus
  • Proses rendering lebih cepat karena menggunakan memori tersendiri jadi tidak membebani prosesor dan komputer anda.
Jadi sebuah VGA Card tidak bisa di pisahkan dari sebuah komputer. Semoga ulasan tentang Pengertian VGA Card dan Jenis-Jenisnya ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *