Home - Hardware - Pengertian Router dan Perbedaannya Dengan Modem

Pengertian Router dan Perbedaannya Dengan Modem

Pengertian Router dan Perbedaannya Dengan Modem – Akses internet di zaman sekarang ini merupakan sebuah kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Perkembangan teknologi internet sudah dapat dirasakan hampir semua kalangan masyarakat.

Dahulu orang bisa berkomunikasi dengan menggunakan SMS atau Telepon seluler, namun sekarang lain lagi. Orang lebih suka melakukan chat atau berkirim pesan dengan menggunakan sosial media seperti WhatsApp. Di WhatsApp inipun kita bisa melakukan panggilan layak panggilan biasa. Dan tentu apabila menggunakan WhatsApp butuh koneksi internet.

Baca juga :

 

Untuk bisa terhubung dengan internet kita menggunakan kartu SIM Card atau menggunakan WiFi. WiFi sekarang lebih unggul karena dianggap lebih cepat dan bebas kuota atau unlimited.

Di dalam WiFi ada beberapa perangkat penting yakni saling terhubung. Untuk kali ini kita akan bahas 2 perangkat saja yakni Modem dan Router. Keduanya adalah perangkat yang berbeda. Fungsinya pun berbeda.

Pengertian Router dan Perbedaannya Dengan Modem

Pengertian Router dan Perbedaannya Dengan Modem - 1

Pengertian Router

Router merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer atau perangkat untuk terhubung ke internet secara bersamaan. Router tidak selamanya menyediakan akses ke internet. Bisa juga terhubungan dalam jaringan lokal seperti LAN (local are network).

Pengertian Modem

Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk dapat terhubungan dengan internet. Bedanya dengan router adalah Modem menghubungkan ke internet kemudian disambungkan ke Router dan memecah sinyal interne atau jaringan lokal (misalnya dalam satu kantor / ruangan).

Baca juga :

 

Gambar Penjelasan Cara Kerja Router dan Modem

 

Pengertian Router dan Perbedaannya Dengan Modem

Pengertian Router dan Perbedaannya Dengan Modem

Agar lebih paham contohnya seperti ini. Modem menerima sinyal intenet kemudian diteruskan ke Router yang bisa menggunakan kabel jaringan atau Wireless ke komputer, laptop atau smartphone sobat. Keduanya saling mendukung. Apabila tidak ada modem router tidak bisa terhubung dengan internet. Tanpa router maka koneksi internet hanya bisa dipakai oleh 1 perangkat saja. Ibaratnya router pemecah sinyal. Sampai disini paham kan ?

Sekian dan semoga bermanfaat

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *