Home - Hardware - Pengertian Modem Dan Jenis-jenisnya

Pengertian Modem Dan Jenis-jenisnya

Pengertian Modem Dan Jenis-jenisnya – Jika kemarin telah telah di jelaskan apa itu RAM dan ROM, VGA Card dan lain-lain maka kali ini kita akan belajar apa itu MODEM. Mungkin sering mendengar atau bahkan anda sudah memiliki benda ini 😀 . Modem merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang berfungsi menghubungkan sebuah komputer atau laptop ke internet. Tanpa adanya benda ini maka komputer tidak akan bisa terhubung dengan internet.
Baca juga : Cara Login Beberapa Akun Secara Bersamaan Dalam Satu Browser Mozilla Firefox

Pengertian Modem Dan Jenis-jenisnya

Pengertian Modem Dan Jenis-jenisnya

Modem pertama kali ditemukan oleh Dennis C Hayes tahun 1977 Masehi. Sebenarnya modem memiliki makna atau kepanjangan, modem aslinya adalah Modulator-Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa sedangkan pengertian demodulator merupakan bagian yang berfungsi memisahkan sinyal baik berupa data ataupun pesan.

Jenis-Jenis Modem

Ada beberapa jenis modem jika berdasarkan letak dan pemasangannya modem di bedakan menjadi 2 macam yakni modem internal dan modem eksternal.

1. Modem Internal

Berdasarkan kata Internal maka dapat diketahui maka modem internal ini terletak di bagian dapat CPU (Central Proccessing Unit). Hampir mirip dengan RAM dan VGA Card.

2. Modem Eksternal

Pengertian Modem Eksternal merupakan modem yang terletak di luar CPU komputer atau laptop. Modem Eksternal ini dihubungkan melalui USB.

Jika di atas jenis modem di bedakan berdasarkan letak dan cara pemasangannya maka selanjutnya jenis modem di bedakan berdasarkan jenis koneksinya :


1. Modem Analog

Modem analog ini merupakan modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui jaringan dan setelah itu merubahnya menjadi data digital baru kemudian di kirimkan ke komputer (PC/Laptop). Modem jenis analog ini kebanyakan digunakan pada koneksi dial-up melalui jaringan telepon karena itulah modem analog ini juga disebut modem dial-up

2. Modem DSL

Modem DSL atau Digital SUbcriber Line adalah jenis modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet sekaligus memungkinkan penggunkan untuk berbicara di telepon. Modem jenis merupakan modem yang dapat mengakses internet dengan cepat dari pada yang lain.

3. Modem Kabel

Modem Kabel (Cable Modem) adalah perangkat keras yang fungsinya menyambungkan komputer dengan sambungan TV kabel. Dengan menggunakan modem jenis maka koneksi yang di dapat maksimum adalah (downstream) 27 MBPS dan (Upstream) 2,5 MBps. Untuk dapat menggunakan modem kabel ini komputer harus ada kartu ethernet.

4. Modem CDMA

Modem jenis ini cukup terkenal karena banyak digunakan oleh masyarakat. Modem CDMA (Code Division Multiple Acces) adalah sebuah modem yang menggunakan teknologi CDMA. Jaringan CDMA ioni menggunakan frekuensi 800-1900Hz. Smartfrend merupakan salah satu operator CDMA yang menyediakan jaringan internet jenis ini.

5. Modem GSM

Modem Jenis merupakan modem yang menggunakan jaringan telepon selular sebagai sistem tranfer datantya. Telkomsel, XL, Indosat dan lain-lain merupakan operator yang menyediakan layanan jaringan internet GSM.

Demikian Pengertian Modem Dan Jenis-jenisnya semoga bermanfaat untuk kita dan terima kasih.

Loading...

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *