Home » Hardware » Pengertian MBR, GPT, Primary, Extended, Logical Dalam Partisi Hardisk

Pengertian MBR, GPT, Primary, Extended, Logical Dalam Partisi Hardisk

Pengertian MBR, GPT, Primary, Extended, Logical Dalam Partisi Hardisk – Harddisk merupakan media penyimpanan yang populer saat ini. Walaupun sudah ada SSD (Solid Driver) namun kebanyakan orang belum menggunakan SSD dikarena harganya kurang ramah di kantong, alias mahal.

Hardisk atau kita singkat menjadi HDD merupakan media penyimpanan yang cukup lama. Walaupun lama, tetap saja hardisk tetap saja menjadi primadona. Dalam sebuah hardisk kita mengenal yang namanya partisi hardisk.

Baca juga :

Partisi hardisk merupakan membagi isi hardisk menjadi beberapa bagian. Misalnya saja, hardisk 500 GB dipartisi menjadi 3 partisi yakni 200 Gb, 150 GB 2 kali. Jadi bisa dipahami bahwa fungsi partisi ini adalah membagi isi dari sebuah hardisk menjadi beberapa bagian. Misalnya bagian C untuk sistem operasi, partisi D dan E untuk file. Sampai disini mungkin sobat santri drajat sudah paham.

Dalam mempartisi hardisk ini ada istilah lain yakni MBR, GPT, Primary, Extended, Logical. Apa itu semuanya ? Mari kita bahasa satu persatu.

Pengertian MBR, GPT, Primary, Extended, Logical Dalam Partisi Hardisk

Struktur partisi dalam sebuah hardisk saat ini terbagi menjadi 2 jenis yakni MBR (Master Boot Record) dan GPT (GUID Partition Table) Penjelasnnya sebagai berikut ini.

MBR (Master Boot Record)

MBR ini merupakan struktur partisi type lama. Tipe partisi merupakan partisi yang paling banyak digunakan karena kompatible dengan berbagai sistem operasi. Pertama kali jenis struktur partisi pada tahun 1983. Awal munculnya sama dengan munculnya IBM PC DOS 2.0. Kelemahan tipe struktur partisi ini adalah 2 TB. Untuk saat ini 2 TB ini stardart. Maka dari itulah muncul struktur partisi baru yakni GPT.

GPT (GUID Partition Table)

GPT merupakan jenis struktur partisi terbaru pengganti MBR. Tipe ini dinilai lebih baik dari versi MBR. Karena batasan maksimal size atau ukuran kapasiatas untuk sebuah hardisk bisa melebihi 2 TB. Bagi yang belum tahu apa itu GUID, GUID adalah Globally Unique IDentifiers. Dari namanya ini kita mengira-ira bahwa partisi ini memiliki kode unik yang global. Jadi parisi yang dihasilkan lebih banyak dari MBR tentunya karena setiap partisi memiliki memiliki kode unik dan berbeda-beda.

Type Partisi dalam sebuah hardisk dibagi menjadi beberapa tipe, penjelasannya sebagai berikut ini.

Primary Partition atau Partisi Primari merupakan partisi dimana kita menyimpan data sistem operasi. Data booting akan diakses dari jenis partisi ini. Walaupun begitu kita bisa menyimpan data lain selain sistem operasi dalam jenis partisi ini namun terbatas.

Partisi Extended merupakan partisi yang mana bisa dibagi lagi menjadi jenis partisi lain yakni partisi logical. Karena pada struktur hardisk yang menggunakan tipe MBR hanya memungkinan untuk dibagi menjadi 4 partisi. Maka dari itulah diperlukan partisi Extended ini.

Partisi Logical adalah partisi turunan dari partisi Extended. Hasil dari partisi bisa digunakan untuk menyimpan data kita sehari-hari. Contoh dari jenis partisi ini adalah local disk D, Local disk E dan lainnya.

Agar lebih paham tentang jenis partisi perhatikan gambar di bawah ini.

Pengertian MBR, GPT, Primary, Extended, Logical Dalam Partisi Hardisk

Baca juga :

Dari gambar di atas sudah jelas bahwa partisi memiliki turunan. Hal ini biasanya digunakan untuk hardisk type MBR. Jika merasa kurang jelas coba baca ulang artikel ini. Atau bisa ditanyakan di kolom komentar. Atau bahkan jika salah dalam penjelasan bisa dimasukkan di kolom komentar. Sekian dulu dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *