Home » Software » Pengertian Firewall dan Fungsinya

Pengertian Firewall dan Fungsinya

Pengertian Firewall dan Fungsinya – Jika diantara kita pernang mendengar kata firewall dan belum mengerti apa itu firewall sebaiknya lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa itu firewall dan fungsinya.

Baca juga : Antivirus Gratis Untuk Windowsmu

Pengertian Firewall

Pengertian Firewall dan Fungsinya

Firewall secara sistem keamanan dalam jaringan komputer. Sistem ini akan melindungi komputer dalam jaringan dari berbagai serangan dari komputer luar. Penggunaan firewall sendiri digunakan untuk membatasi dan mencegah pengguna internet yang suka jahil.

Karena penggunaan internet semakin hari semakin banyak maka perlu adanya firewall ini yang akan mengamankan komputer dari orang luar. Jika tidak ada firewall maka orang lain akan mudah untuk memasuki jaringan komputer yang dapat menyebabkan kerusakan, mencuri data, penyebaran virus dan hal-hal lain yang dapat merugikan orang lain.

Apalagi jika komputer berada di jaringan komputer milik pemerintah ataupun bank yang sifatnya tertutup maka sangat perlu adanya firewall ini. Firewall merupakan sebuah dinding pelindung atau pertahanan dari sebuah komputer.

Apa Fungsi dari Firewall

  1. Melindungi sumber daya yang berada di dalam jaringan yang sifatnya pribadi. Jika memiliki data pribadi dalam sebuah jaringan maka dengan adanya firewall akan dilindungi
  2. Menerapkan kebijakan kemananan dan mencegah aktifitas yang dilarang oleh sistem. Jika ada aktifitas yang mencurigakan maka firewall akan menutup celah ini.
  3. Mengatur dan mengontrol lalu lintas dalam sebuah jaringan. Pertukaran data dalam sebuah jaringan akan terjadi karena kebutuhan. Namun untuk mencegah hal yang tidak diinginkan maka perlu adanya sistem firewall agar pertukaran data ini aman.
  4. Melakukan authentifikasi sebelum masuk ke sebuah jaringan. Autetifikasi ini merupakan identifikasi kepada user. Jika user terdaftar maka user diperbolehkan untuk mengakses jaringan. Namun jika tidak maka akan ditolak sistem dan tidak dapat mengakses sistem

Semoga penjelasan mengenai firewall dan fungsinya ini dapat menambah pengetahuan kita. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *