Home » Blog » Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting – Domain dan Hosting merupakan istilah yang sering di dengar ketika anda bergelut dengan dunia blogging atau website. Bagi orang awam istilah domain dan hosting akan terasa asing. Namun jangan khawatir, kali ini kita akan bahas apa itu hosting dan domain beserta istilah lainnnya. 

Baca juga : Jayahost, Hosting dan Domain Murah Berkualitas

Pengertian Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting

#Pengertian Domain

Domain merupakan (bahasa Inggris: domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Domain terbagi menjadi 3 jenis yakni

  1. Domain TLD (Top Level Domain) adalah domain-domain yang banyak digunakan atau berarti domain inti dari suatu alamat website atau blog. Contohnya .com .net, .org
  2. Second Level Domain, domain ini mempunyai ciri dua domain, contohnya .co.id .web.id net.id dan lainnya. Yang pada intinya terdiri dari 2 domain.
  3. Sub Domain atau bisa di sebut dengan istilah Lower Level Domain domain ini menggunakan menempel pada domain TLD di atas (nomor satu) contohnya blog.santridrajat.com


Di dalam TLD (top level domain) sendiri masih di bagi lagi menjadi beberapa bagian di bawah ini :

1. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Country Code Top Level Domain (ccTLD) merupakan domain yang di buat untuk negara tertentu. Dan untuk membuat domain harus mempunyai syarat-syarat tertentu. Lalu seperti apa domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) ini. Misalnya saja untuk indonesia menggunakan domain .ID Malaisya menggunakan .MY Australia AU dan lainnya. Intinya domain khusus untuk di buat di negera tersebut.

Dalam menggunakan Country Code Top Level Domain (ccTLD) ini pun di bagi lagi, misalnya saja di Indonesia :
.WEB.ID = untuk individu/kelompok
.CO.ID = untuk perusahaan komesial
.SCH.ID = untuk sekolah
.AC.ID = untuk perguruan tinggi
.OR.ID = untuk organisasi
.GO.ID = untuk badan pemerintahan
Untuk dapat menggunakan domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) harus ada persyaratan yang di penuhi baru bisa aktif domainnya.
.WEB.ID = KTP*
.CO.ID = KTP*, akta notaris/SIUP dan hak merk
.SCH.ID = KTP*, surat kuasa, surat permohonan dari kepala sekolah
.AC.ID = KTP*, SK Depdiknas Pendirian, Akta Notaris Pendirian, Surat Kuasa Pimpinan Lembaga
.OR.ID = KTP*, Akta Notaris atau SK Organisasi
.NET.ID = KTP*, SIUP, Kepemilikan Merk, SIUP Telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, dsb)
.GO.ID = KTP*, Surat permohonan di tanda tangani oleh Sekjen/Sekut/Sekmen untuk Pemerintah Pusat atau Sekda untuk Pemda, dan Surat kuasa

2. Global Top Level Domain (gTLD)

2. Global Top Level Domain (gTLD) adalah domain yang menggunakan ekstensi global/TLD(top level domain) internasional. Beberapa gTLD yang bisa digunakan untuk website, diantaranya :
.ORG (organization) diperuntukkan bagi badan organisasi
.COM (Commercial) untuk perusahaan komersil
.NET (Network) untuk perusahaan jaringan/networking
.GOV (government) untuk lembaga pemerintahan.
.TV (television) khusus untuk perusahaan penyiaran televisi
dan yang lain seperti
.in, .cc, .co

#Pengertian Hosting

Hosting merupakan salah bagian dari website atau blog. Hosting bisa dikatakan kita menyewa sebuah penyimpan data (seperti hardisk dan flasdisk) di internet. Jika kita menyewa sebuah hosting  maka otomatis tempat penyimpanan tersebut akan menyala 24 jam non stop. Fungsi hosting sendiri adalah menyimpan data website atau blog kita. Dan jika hosting tidak menyala maka website atau blog kita tidak akan menyala alias down. Agar tidak down carilah hosting yang berkualitas, jangan asal murah saja. 

Hosting di bagi berdasarkan client :

Shared Hosting

Shared Hosting merupakan hosting yang di bagi-bagi. Dalam satu tempat penyimpanan (disk) di bagi atas beberapa client. Untuk harga shared hosting ini relatif murah. Tergantung dari kualitas dan penyedia layanan dari penyedia layanan ini.

Virtual Privat Server (VPS)

Virtual Privat Server merupakan hosting yang digunakan secara pribadi(privat). Jadi dalam satu VPS dapat digunakan beberapa server lagi. Berbeda dengan shared hosting, VPS lebih mahal daripada shared hosting. VPS cocok untuk website atau blog yang bertrafik besar karena kapasitas ram, disk, dan juga bandwith yang besar sehingga loading website atau blog tidak lemot.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah sebuah server yang benar-benar digunakan 1 user. Dedicated Hosting memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena tidak ada intervensi dari pengguna lain. Dedicated Hosting banyak digunakan oleh perusahaan yang memiliki data-data penting. Kalau dari segi harga, Dedicated Hosting jelas lebih mahal karena sifatnya yang personal dan lebih aman dari pada jenis server yang lainnya.  

Hosting di bagi berdasarkan Biaya :
Free Hosting adalah hosting gratisan. Gratis namun semuanya terbatas, bandwith terbatas, penyimpanan data yang mini sekali dan sebagainya. Namanya juga gratis 😀
Trial Hosting adalah hosting ujicoba, biasanya cuma di sediakan pada waktu tertentu, misalnya cuma 7 hari dan setelah itu berbayar.
Paid Hosting adalah hosting yang kita sewa dengan kapasitas tertentu. Misalnya hosting dengan paket A : Disk 1 GB, Bandwith 50Gb dan sebagainya

Baca juga : Raditya Dika, Dari Seorang Blogger Menjadi Entertainment
Demikianlah sedikit gambaran tentang pengertian domain dan hosting. Jika ingin membuat website atau blog gunakan hosting dan domain yang cocok. Rekomendasi saya pilih hosting di jayahost.com, murah dan berkualitas Semoga bermanfaat dan terima kasih. Jangan lupa share artikel Pengertian Domain dan Hosting ini ya.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

4 comments

  1. nylla ramadhanie

    artikle pndidikan boleh juga…
    sekali kali yaa..

  2. Alhamdulillah sekarang saya sudah lebih faham sama domain dan hosting, jadi enak bisa ngeblog

  3. Terimakasih penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *