Home - Hardware - Pengertian dan Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian dan Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian dan Perbedaan ROM dan RAM – Hanya berbeda 1 huruf namun sangat berbeda maknanya. Sebeulum membahas lebih jauh perlu di ketahui bahwa ROM dan RAM ini adalah dua buah perangkat di sebuah PC/Laptop yang jika salah satunya tidak ada maka komputer atau laptop tidak akan bisa menyala. Untuk mengetahui apa saja pengertian dan fungsi dari RAM dan ROM mari kita bahas satu persatu.

Pengertian dan Perbedaan ROM dan RAM

Pengertian RAM

Pengertian dan Perbedaan RAM dan ROM

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras yang ada di dalam sebuah PC/Laptop yang digunakan untuk menyimpan data sementara. Data sementara di sini adalah data yang masih di olah oleh sebuah program, jadi belum matang sempurna.Agar lebih mudah di pahami di ibaratkan saja. Ketika menjalan microsoft word maka semua data pemrosesan akan di simpan sementara di RAM ini dan barulah ketika menekan tombol ctrl+s atau simpan maka baru akan di simpan di hardisk. Jadi RAM ini lah tempat kita menjalan sebuah aplikasi. Jika ada pertanyaan kenapa tidak simpann di hardsik ? Tugas antara hardisk dan RAM berbeda dan juga kecepatan dari kedua perangkat ini berbeda. Jika kita mengedit sebuah dokumen di microsoft word dan kita lupa menyimpannya maka RAM tidak akan menyimpannya karena RAM akan aktif ketika semua OS(operating system atau sistem operasi) menyala atau aktif saja karena sifatnya memang menyimpan sementara ketika OS aktif.

Semakin besar RAM di sebuah laptop atau PC maka akan semakin cepat atau ringan PC/Laptop tersebut ketika menjalankan sebuah OS (system operasi) maupun program. Namun jangan setiap prosesor ada batasan maksimum RAM nya. Jangan sampai melebihi RAM yang di rekomendasikan karena bisa berakibat fatal untuk laptop atau PC anda.

Baca juga : Sejarah RAM dan Perkembangannya

Pengertian ROM

Pengertian dan Perbedaan RAM dan ROM

ROM (Read Only Memory) adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk media penyimpanan data di komputer. ROM bersifat permanen, artikan program atau data yang di simpan di dalam ROM (Read Only Memory) ini tidak mudah hilang bahkan tidak bisa hilang. Jika di lihat dari maka kata nya Read Only Memory dapat di artika memory yang dapat di baca. Jadi kita tidak dapat merubahnya.Program atau data di ROM ini di isi oleh pabrikan yang membuat. Karena memang fungsi dari RAM ini adalah membawa firmware (perangkat lunak yang berhubungan erat dengan hardware)

Contoh dari perangkat ROM ini adalah ROM BIOS yang berisi program dasar sebuah system komputer yang digunakan untuk mengatur komponen ketika komputer atau laptop akan menyala

Baca juga : Apa itu BIOS ?

Perbedaan RAM dan ROM

Jadi dapat disimpulkan bahwa RAM adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan sementara yang digunakan ketika sistem operasi menyala atau aktif. Sedang ROM adalah perangkat keras yang digunakan menyimpan program/ data default dari sebuah perangkat keras.

Demikianlah perbedaan antara ROM dan RAM ini. Jika ada yang kurang di mengerti atau kurang dipahami mohon maaf dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *