Home » Hardware » Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM

Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM

Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM – RAM merupakan komponen penting dalam sebuah perangkat komputer, laptop, smartphone maupun perangkat lain. RAM yang memiliki Random Access Memory merupakan sebuah benda yang menyimpan sementara sebuah perintah sebelum dijalankan oleh sebuah prosesor. Dan ketika komputer atau laptop shutdown atau mati maka RAM akan kosong. Hasil kerja akan di simpan dalam memori penyimpanan permanen seperi hardisk (HDD), SSD ataupun yang lain.

Baca Juga :

  • Mengatasi Hasil Print Yang Bergaris-garis
  • Penyebab Komputer Lemot dan Hang
  • Apa Itu Skin Pack, Kelebihan dan Kekurangannya

Sedikit membahas tentang RAM, RAM memiliki 2 bagian utama yang penting yakni :
Contact Point : Bagian yang menghubungkan ke Motherboard. Konektor ini biasanya ada lekukan atau cekungan yang mana merupakan pembeda antara satu jenis RAM ke RAM yang lain.

PCB (Printed Circuit Board) : PCB merupakan papan yang memiliki layer dan setiap layer saling terhubung.

Secara Bentuk Fisiknya RAM terbagi menjadi 2 jenis yakni RAM DIMM dan SODIMM. Kedua tentunya berbeda. Dan apa kira-kira perbedaannnya ? Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM

Pengertian dan Perbedaan Memori RAM DIMM dan RAM SODIMM

 

RAM DIMM merupakan singkatan dari Random Access Memory Dual In-Line Modul Memory yang mana merupakan jenis RAM yang memang digunakan untuk Komputer Dekstop. Jenis RAM ini ukurannya lebih besar daripada RAM jenis SODIMM.

Sedangkan RAM SODIMM merupakan singkatan dari Random Access Memory Small outline Dual Inline Memory Module adalah jenis RAM yang ukurannya lebih kecil dan memang diperuntukan untuk perangkat yang mobile seperti laptop, notebook, small footprint, dan perangkat lainnnya.

Untuk jenis RAM SODIMM memiliki jumlah pin 72, 100, 200, dan juga 240. Setiap jumlah pin memiliki kemampuan yang berbeda-beda. SODIMM dengan jumlah pin 72 dan 100 dapat melakukan transfer 32 bit data. sedangkan untuk 144, 200 dan 204 dapat melakukan transfer 64 bit data.

Baca juga :

Sebelum membeli RAM sebaiknya perhatikan betul jenis RAMnya. Walaupun terlihat sama kadang ada perbedaan pada kode RAMnya, baik di SODIMM maupun DIMM. Sebaiknya kalau mengganti RAM bawah saja RAM yang lama dan lebih baik lagi langsung dicoba agar benar-benar pas RAMnya.

Nah begitulah pengertian dan perbedaan memori RAM DIMM dan RAM SODIMM dan cukup sekian, apabila ada salah atau kurang jelas bisa mengisi kolom komentar. Dan Semoga semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *