Home » Blog » Pengertian dan Fungsi CDN

Pengertian dan Fungsi CDN

Pengertian dan Fungsi CDN – CDN merupakan kepanjangan dari Content Delivery Network. CDN merupakan jaringan yang dapat memberikan konten statis cache dari sebuah situs yang kemudian diberikan kepada pengunjung berdasarkan letak geografis dari pengunjung. Fungsi CDN adalah mempercepat loading sebuah blog atau website. 
 
Pengertian dan Fungsi CDN
Ketika tidak menggunakan CDN maka setiap pengunjung dari seluruh penjuru dunia akan di arahkan ke server hosting anda secara langsung. Namun hal ini berbeda ketika menggunakan CDN. 

Dari pengertian CDN dapat dipahami bahwa CDN “memberikan konten statis cache” ini adalah seakan-akan content blog yang menggunakan CDN akan dicopi/diduplikasi dan diletakkan di server-server yang tersebar di seluruh dunia. Saya bilang seakan-akan, bukan berarti mengcopi seluruhnya, atau mencuri conten. CDN akan menyimpan konten dari blog ke server yang di dalamnya adalah file CSS,javascript, flash, image dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan CDN maka pengunjung akan di arahkan ke server berdasarkan letak geografis pengunjung jadi tidak langsung ke server utama tapi ke server CDN.Misalnya saja pengunjung blog ini ada yang berasal dari Jepang maka pengunjung tersebut akan diarahkan ke server CDN yang paling ke dekat. Jadi pengunjung blog ini tidak langsung menuju server blog ini yang berada di Amerika.Begitulah cara kerja CDN. Dengan begitu maka blog kita tidak akan terbebani jika pengunjung membludak.

Fungsi CDN

  • Lebih SEO (Search Engine Optimization) – Google sebagai salah satu mesin pencari lebih menyukai blog yang loading lebih cepat daripada yang lambat
  • Loading Cepat – Hal ini tidak usah dijelaskan. Sudah dijelaskan di atas bahwa blog akan loading lebih cepat daripada tanpa menggunakan CDN
  • Aman ketika server down – Hal ini pernah saya alami. Ketika server blog ini down (waktu itu blog ini belum menggunakan CDN) kemudian saya cek situs yang menggunakan server yang sama dan menggunakan CDN ternyata website tersebut tetap aktif walau ada tulisan yang menandakan server down situs tersebut menggunakan CDN.
Untuk menggunakan CDN ini ada yang berbayar ada pula yang gratis. Terserah pilih yang mana 😀 begitulah sekilas Pengertian dan Fungsi CDN.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *