Home - Blog - Pengertian dan Fungsi Bandwidth

Pengertian dan Fungsi Bandwidth

Pengertian dan Fungsi Bandwidth – Sudah pernah dengan yang namanya “Bandwidth” ? kalau sobat sudah pernah membeli hosting mungkin akan mengenal istilah ini, paling tidak dengar istilah ini. Apalagi sudah menggunakan Virtual Privaet Server atau VPS maka tidak asing dengan yang namanya bandwith ini. Sebenarnya apa itu bandwith ? Apa manfaat dari bandwith ini ?

Baca juga :  Penyedia Hosting Premium

Pengertian Bandwidth

Secara sederhana bandwith memiliki arti nilai konsumsi sebuah data yang mana digunakan dalam rangkat client atau server dalam periode tertentu. Nilai konsumsi data ini dihitung satuan “bps” atau bit per second.

Bandwidth dalam sebuah jaringan memiliki arti jumlah data yang di transfer dari satu lokasi ke lokasi lain dalam hitungan waktu tertentu. Atau lebih sederhana lagi bisa dipahami bahwa bandwith merupakan batas maksimal yang dapat digunakan untuk mengirim data dalam satuan detik dalam 1 jalur.

Bandwidth ini mirip dengan selang atau pipa ketika menyalurkan air. Tentu selang memiliki ukuran. Sama halnya dengan bandwith yang juga ada ukurannya.

Atau juga bandwith ini seperti halnya jalan. Semakin lebar jalan maka akan banyak kendaraan yang bisa lewat. Sebaliknya, jika jalannya sempit maka kendaraan yang lewat pun akan terbatas.

Baca juga : Cara Mengetes SEO dan Kecepatan Situs 

Fungsi Dari Bandwidth

Pengertian dan Fungsi Bandwidth

  • Pembatas Kecepatan Transfer data

Kecepatan antara satu client dengan client haruslah sama. Maka diperlukan yang namanya bandwith ini. Karena jika tidak adil maka client A kecepatan tingi sedangkan client B kecepatan rendah.

Dengan adanya bandwith ini kita bisa mengatur kecepatan transfer data server ke client-client. Jika tidak ada bandwith ini maka yang terjadi kecepatan transfer data akan dapat dikuasai 1 client saja.

Baca juga : Kampus Yang Menggunakan CMS WordPress

  • Media Pengirim Data

Dalam distribusi jaringan diperlukan bandwith ini. Karena memang dengan adanya bandwith ini kita akan bisa mengirim data yang bisa kita atur.

Bandwidth juga sangat berguna dalam memilih penyedia layanan internet. Semakin besar bandwith yang diberikan maka akan semakin cepat koneksi internetnya.

 

  • Pembatas Besaran Data Yang Terkirim

Jika tidak ada bandwith ini data yang ditransfer atau dikirimkan akan amburadul karena tidak memiliki aturan besaran yang sesuai. Dengan adanya bandwith ini kita bisa mengatur pembatas besaran data yang terkirim. Misalnya saja batas maksimal besaran data yang dapat digunakan 360 GB apabila lebih dari itu koneksi internet akan lambat bahkan tidak bisa digunakan.

Baca juga :  Mengenal Program Afiliasi atau Affiliate

Contoh Penggunaan Bandwidth

Jika sobat menggunakan hosting maka sobat akan menemukan kata bandwith ini. Biasanya penyedia hosting menjelaskan batas maksimal bandwith yang bisa digunakan. Jika melebih batas maka website tidak bisa di akses pada waktu tertentu. Dan akan kembali pulih apabila sudah melewati batas waktu.

Namun sekarang ini banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan hosting unlimited bandwith atau batasnya bebas, tidak terikat sebuah nilai.

Sampai disini kira-kira sobat paham kan pengertian dan fungsi dari pengertian dan fungsi hosting ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *