Home » Tips Android » Pengertian Custom ROM

Pengertian Custom ROM

Pengertian Custom ROM – Custom Rom berbeda dengan root. Karena banyak orang mengira root sama dengan custom rom. Sebelumnya sudah saya tulis mengenai Apa itu RAM (Random Access Memory) dan apa itu ROM (Read Only Memory) ini .Baca juga : Pengertian Root, Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Sebenarnya apa itu custom rom ? Custom Rom merupakan firmware yang sudah di kembangkan oleh pihak ke 3 dengan tujuan dan maksud tertentu. Istilah mudahnya merubah;mengedit sebuah ROM atau modifikasi (mengkostum) sistem operasi android, agar mudah di pahami saya jelaskan seperti itu 😀 .

Pengertian Custom ROM

Pengertian Custom ROM

Dengan melakukan modifikasi seperti ini maka akan di dapat ROM modifan yang mana fitur sebelumnya di kurangi atau juga bisa di tambah.

Tujuan Custom ROM

Para developer (pengembang) custom rom ini biasanya mempunyai tujuan khusus mengkustom ROM. Diantaranya mengubah dan atau menambah fitur dari firmware perangkat Android asal sehingga mempunyai kemampuan dan kinerja melebihi dari apa yang sudah ditawarkan oleh firmware aslinya. Kemampuan dan kinerja tersebut dapat berupa perbaikan fitur : Bluetooth, Wi-Fi, USB,  tampilan atau tema, Reboot,  Audio, penambahan dan pengurangan aplikasi default dan lain-lain.

Keuntungan Custom ROM Android

  • Optimaliasi Kinera OS Android dan Perangkat. Pengurangan aplikasi yang berat dan menambah aplikasi yang dapat mempercepat android maka akan dapat meningkatkan kinerja android.
  • Meminimalisir penggunaan baterai. Menonaktifkan berbagai aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan adalah salah satu cara agar baterai android tidak boros. Karena sudah di atur sejak awal oleh para developer agar aplikasi tidak aktif maka android tidak akan boros baterai
  • Perubahan tampilan. Biasanya di ganti dengan launcher yang berbeda dari aslinya. Dan juga icon aplikasi yang di ganti dengan icon khusus atau tertentu.
  • Dapat menggunakan memori SD Card Eksternal sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Hal ini banyak dilakukan pada custom rom pada android yang mempunyai RAM kecil.

Kekurangan Custom ROM Android

  • Garansi akan hilang. Ini adalah resiko utama jika melakukan custom rom android. Sebaiknya lakukan custom rom android jika masa garansi sudah habis.
  • Bootloop atau gagal masuk pada sistem android hanya menampilkan logo android atau merk smartphone
  • Banyak Bug. Belum adanya test berkelanjutan menyebabkan custom rom ada yang error atau bug.
  • Merusak hardware. Jika tidak paham betul jangan melakukan custom rom android karena bisa saja hardware android anda tidak berfungsi karena kesalahan tertentu
  • Jika salah memasang custom rom maka biasanya akan bootloop

Tips Custom Rom

Sebelum mengganti rom atau custom android anda sebaiknya di pikir terlebih dahulu semua resikonya. Sebaiknnya back up terlebih dahulu sebelum mengcustom rom android anda, untuk berjaga-jaga agar tetap aman dan dapat mengembalikan ROM bawaan aslinya. Setelah Root dan Instal CWM dan di menu CWM ini akan ada menu back up maka lakukanlah back dengan CWM tersebut.

Itulah mengenai pengertian custom rom android, kelebihan dan kekurangan custom rom dan juga tentunya tips custom rom android. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terima Kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *