Home - Software - Pengertian BIOS

Pengertian BIOS

Pengertian BIOSBIOS (Basic Input/Output System) merupakan sebuah program yang telah di instal secara default di dalam komputer berbasis windows. Jadi di komputer yang berbasis OS Mac tidak akan di temukan BIOS.

Baca juga : Cara Mempercepat Booting Windows

Ketika kita menekan tombol power untuk menyalakan laptop/PC maka yang akan muncul di layar adalah BIOS ini. BIOS kebanyakan berupa layar dasar 1 warna : hitam, biru, abu-abu. BIOS ini lah yang akan di akses pertama kali ketika menekan tombol power. Ketika BIOS menyala maka akan melakukan checking pada semua komponen hardware baik itu hardisk, ram dan lainnya. Jika komponen ada yang kurang maka Laptop/PC tidak akan menyalakan dan jika sudah siap semua akan menyala dengan baik.

pengertian bios

Pengertian BIOS

Dimana BIOS disimpan ? BIOS tidak di simpan di dalam hardisk seperti software biasa namun di simpan di ROM (Read Only Memory) Apa itu ROM ? Silakan di tentang Pengertian dan Perbedaan ROM Dan RAM. Kenapa BIOS tidak di simpan di hardisk ? Sebabnya adalah yang menyalahkan hardisk maupun RAM dan perangkat lainnya adalah BIOS. Jadi BIOS bisa di katakan sebagai progam yang mengorganisir OS dan hardware.

Setelah system operasi menyalah BIOS tidaklah berhenti berjalan, masih tetap melakukan proses tetapi di balik layar. BIOS bertugas sebagai perantara antara CPU dengan perangkat O/I (Output/Input). Untuk dapat mengatur atau mengakses BIOS adalah dengan cara menekan tombol-tombol tertentu ketika komputer atau laptop sedang booting.

Tombol-tombol untuk mengatur dan mengakses bios setiap PC/Laptop berbeda. Namun kebanyakan adalah tombol Del, F1, F2.  BIOS dapat digunakan untuk mengatur dari mana perangkat akan menggunakan OS. BIOS ini digunakan untuk melakukan instalasi OS.

Dengan menggunakan BIOS dapat mengatur booting dari FD (flasdisk) atau pun keping CD untuk instalasi. Namun jika belum paham betul jangan otak-atik BIOS ini karena bisa dapat menyala. Jika memang untuk belajar tidak masalah asalkan ada yang membimbing atau ada panduan  yang baik dan benar.

Demikian gambaran singkat mengenai Pengertian BIOS – BIOS (Basic Input/Output System) dan semoga bermanfata untuk kita semua. Terima Kasih.

 

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *