Home - Tips Android - Mungkinkah Membuat Android Support OTG

Mungkinkah Membuat Android Support OTG

Mungkinkah Membuat Android Support OTGApa itu OTG ? OTG merupakan kepanjangan dari On The Go yang mana OTG adalah fasilitas dimana seorang dapat memindah, mencopy, menghapus dan mengedit data yang ada di flasdisk, memory card, atau bahkan hardisk dengan hanya menggunakan USB dari sebuah smartphone. Contohnya adalah ketika seseorang memiliki data di sebuah flasdisk dan ingin memcopy data tersebut ke smartphone maka kita tinggal colokan flasdisk tersebut menggunakan USB OTG ke smartphone kita.

Mungkinkah Membuat Android Support OTG

Memang dengan adanya fasilitas OTG ini semuanya menjadi mudah. Tanpa perlu adanya Laptop untuk memindah file dari flasdisk untuk memindah data. Tentunya lebih cepat dan mudah. Lebih praktis dan nggak pake lama 😀

Untuk menyambungkan dari USB ke smartphone cukup mudah. Kita tinggal mencolokkan flasdisk yang support OTG atau juga bisa menggunakan konektor yang biasanya berupa kabel pendek sekitar 10 CM yang menyambungkan flasdisk ke smartphone kita.

Memang benar sekali dengan adanya OTG ini semuanya menjadi mudah. Tetapi tidak semua smartphone support OTG loh 😀 Memang benar demikian, tidak semua smartphone mendukung OTG ini. Jika menginginkan support OTG silakan cek Spesifikasi Smartphone yang anda incar atau akan anda beli apakah support OTG apa tidak.

Bila anda berfikir apakah yang tidak support OTG bisa dijadikan support OTG ? Maka kita berfikirnya sama dengan saya, dulu sempat berfikiran seperti itu, apakah mungkin smartphone android yang belum bisa OTG dapat dirubah OTG maka jawabannya adalah tidak bisa. Ya tidak bisa karena untuk dapat support OTG ini harus memiliki hardware tertentu. Jadi jika anda memiliki smartphone android yang belum support OTG dan ingin support OTG sebaiknya anda membeli smartphone baru saja yang support OTG.

Tetapi menurut kabar ada beberapa smartphone yang dapat dirubah yang awalnya tidak support OTG menjadi support OTG karena memang dari segi hardwarenya smartphone tersebut mendukung OTG ini. Smartphone yang dimaksut adalah Infinix Hot 2 (X510) yang merupakan android one, jika firmwarenya di rubah dari android One ke XUI maka Infinix Hot 2 tersebut dapat support OTG ini. Saya belum mencobanya, mungkin anda yang memiliki smartphone Infinix Hot 2 bisa mencobanya 😀 Demikianlah sedikit penjelasan mengenai USB OTG di smartphone android.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *