Home » Tips Windows » Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk

Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk

Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk – Keamanan sebuah file atau data di sebuah media penyimpanan sangatlah penting. Banyak dari pengembang aplikasi membuat software aplikasi yang mampu melindungi file atau data. Salah satunya adalah SanDisk SecureAccess. Sandisk SecureAcces merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melindungi data yang bersifat pribadi.

Dari namanya dapat kita ketahui bahwa aplikasi ini menggunakan nama sebuah merk flashdisk. Memang demikian, aplikasi yang melindungi data yang bersifat penting ini bawaan dari flashdisk merk Sandisk.

Baca juga : Alasan Mengapa Upload dan Download Lemot/Lambat dan Solusinya

Mungkin dari sobat pembaca Santri Drajat bertanya apakah bisa digunakan untuk melindungi data di lain merk SanDisk ? Seperti yang saya baca dari berbagai sumber bahwa aplikasi Sandisk SecureAcces tidak bisa digunakan di lain merk Sandisk.

Bagaimana cara Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk ? Bagi sobat memiliki flasdisk Sandisk maka tutorial kali ini cocok sekali. Karena kali ini kita akan melakukan penguncian atau enskrip data atau file penting di flasdisk sandisk.

Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk

1. Sebelum melakukan melalukan penguncian data perlu diketahui bahwa data atau file yang telah kita aman tetap saja dapat dihapus. Namun walau dihapus atau dipindah file tersebut tidak dapat diakses atau tidak dapat dibuka jika tidak memiliki kredensial atau “kunci” dari file tersebut.

2. Aplikasi yang kita butuhkan adalah Sandisk SecureAccess. Jika sobat tidak memilikinya silakan download disini.

3. Setelah download selesai silakan letakan file tersebut di flasdisk sandisk.

Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk

4. Silakan instal seperti biasanya. Pada tahap pemilihan password gunakan password yang direkomendasikan. Yakni kombinasi huruf besar dan kecil, angka serta karakter unik (@#$%^&*)

Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk

5. Jika sudah selesai instal maka akan muncul folder baru di flasdisk.

Cara menggunakan SanDisk SecureAccess di Windows

Setelah selesai instal aplikasi Sandisk SecureAcces maka untuk menggunakannya ada 3 cara.

1. Silakan buka aplikasi yang sudah di instal dengan cara klik double atau ganda Sandisk SecureAcces

2. Akan muncul permintaan password. Silakan masukkan password yang telah sobat buat. Akan muncul tampilan Aplikasi SecureAccess yang tampilanya mirip windows explorer

3. Ada 3 cara melindungi data yang menggunakan Sandisk SecureAccess ini yakni

  • Cukup menyeret file atau drag & drop ke layar SecureAccess
  • Seperti melakukan copy paste
  • Klik tombol “Add Files” untuk mencari dan menambahkan file

Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk

4. Jika menggunakan cara add file(s) harap hati-hati karena ketika hendak mengunci file dan mengklik Encrypt maka muncul pesan. Bunyi pesannya “Would you like to remove the original file completely from your computer”. Jika memili YES maka file akan di kunci / enscrypt tanpa adanya data asli. Hal ini sama halnya dengan MOVE atau pindah data. Jika memiliki NO maka file akan tetap ada di folder asli dan juga ada di folder aman sandisk.

5. Setelah selesai silakan Log Off agar file kembali terkunci

Baca juga : Cara Mudah Menyadap HP Android Pasangan

Demikian cara Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Mengunci File atau Folder di Flashdisk Sandisk ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *