Cara Mengisi Daya Laptop Tanpa Pengisi Daya

Cara Mengisi Daya Laptop Tanpa Pengisi Daya – Terkadang Anda lupa membawa charger laptop saat bepergian ke suatu tempat. Dalam hal ini, Anda memerlukan metode yang akan kita bahas hari ini untuk mengisi daya laptop dan melakukan pekerjaan yang Anda butuhkan.

Cara Mengisi Daya Laptop Tanpa Pengisi Daya

Anda mungkin juga bertanya-tanya, apakah mungkin mengisi baterai laptop tanpa charger resmi? Kami juga akan memperkenalkan bagian ini, tetapi pertama-tama, mari kita pelajari cara mengisi daya.

Baca juga :  Tips Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar

Cara Mengisi Daya Laptop Tanpa Pengisi Daya

1. Gunakan daya ponsel

Tergantung pada model laptopnya, meskipun Anda tidak memiliki pengisi daya resmi, Anda dapat menggunakan salah satu port USB Type-C untuk mengisi dayanya.

Sama seperti mengisi daya ponsel pintar dengan bank daya seluler ketika tidak ada metode pengisian lain, Anda juga dapat menggunakan bank daya seluler untuk mengisi baterai laptop Anda.

Namun masalah dengan metode ini adalah meskipun kebanyakan laptop membutuhkan daya 8v hingga 12v, bank daya biasanya hanya dapat memberikan 5 volt, yang berarti Anda harus mendapatkan bank daya yang mendukung 12v atau lebih tinggi.

(Harap dicatat bahwa beberapa laptop awal memiliki USB Type-C dan tidak mendukung pengisian daya.)

Baca juga :  Permasalahan Pada Layar Laptop Dan Cara Mengatasinya

2. Gunakan aki mobil

Sekarang, jika Anda tidak dapat mengelola bank daya, Anda dapat mencoba mengisi daya laptop Anda dengan aki mobil.

Menggunakan inverter seperti BESTEK 300W Power Inverter dapat memberikan daya ke daya apa pun yang membutuhkan daya 300 watt.

Menjalankan alat listrik mungkin tidak cukup, tetapi dalam kasus ini, mengisi daya laptop sudah lebih dari cukup!

Salah satu kelemahan dari metode ini adalah Anda harus meletakkan power inverter di suatu tempat di lantai kendaraan. Sisi baiknya, Anda masih dapat membawa masuk dan keluar komputer, yang sangat berguna bagi pemula.

Baca juga :  Perbedaan antara Micro SD, SDHC dan SDXC

3. Gunakan adaptor USB Tipe-C

Jika Anda tidak memiliki bank daya atau tidak dapat menggunakan aki mobil untuk mengisi dayanya, ada cara lain untuk menggunakan adaptor USB Type-C.

Tidak seperti Tipe A, USB-C menggunakan konektor oval yang lebih kecil dan dirancang untuk koneksi berdaya tinggi. Ini dapat memberikan lebih banyak tenaga dan dapat berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Adaptor USB Tipe-C (seperti pengisi daya dinding USB C Anker) akan mengisi baterai laptop seperti bank daya, tetapi Anda harus mencolokkannya ke sumber daya, dan bank daya itu sendiri adalah sumber dayanya.

Karena adaptor memiliki fungsi perlindungan yang mematikan pengisian saat suhu tinggi atau masalah lain terdeteksi, ini adalah salah satu cara teraman untuk mengisi daya melalui USB-C.

Baca juga :  Macam-macam Tinta Printer Yang Harus Kamu Ketahui

4. Gunakan adaptor daya universal untuk mengisi daya laptop

Meskipun senang mengetahui bahwa ada opsi lain untuk mengisi daya baterai laptop Anda tanpa memerlukan pengisi daya resmi, tetapi jika Anda mengatur tegangan terlalu tinggi saat menggunakan adaptor daya universal, pada akhirnya dapat menyebabkan baterai mati atau kerusakan.

Biasanya dilengkapi dengan tip yang dapat dipertukarkan dan mendukung banyak merek berbeda. Banyak paket baterai bahkan dapat dicolokkan ke pemantik rokok 12 volt di mobil, membuatnya benar-benar portabel.

Baca juga :  Jenis-Jenis Enkripsi Pada Jaringan WiFi atau Wireless

5. Gunakan baterai super untuk mengisi daya laptop

Baterai super seperti baterai cadangan atau baterai cadangan untuk laptop. Mereka memiliki kabel pengisi daya yang berbeda dan dapat menggantikan baterai asli komputer notebook.

Pastikan saat Anda membelinya, pas dengan laptop Anda dan ukurannya pas. Perangkat ini khusus merek, dan jika dirancang khusus untuk laptop, perangkat ini mungkin tidak berfungsi dengan laptop Anda.

Baca juga :  Penyebab dan Ciri-ciri Power Supply Mengalami Kerusakan

Kesimpulan

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, metode ini tidak terlalu efisien, itulah sebabnya metode ini hanya digunakan untuk kasus penggunaan darurat.

Cara Mengisi Daya Laptop Tanpa Pengisi Daya
Next Post

No more post

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *