Home » Hardware » Mengenal Processor dan Bagiannya

Mengenal Processor dan Bagiannya

Mengenal Processor dan Bagiannya – Salah satu bagian hardware komputer yang paling utama adalah processor. Mungkin sobat pembaca Santri Drajat sudah mengenal apa itu processor. Namun tidak ada salah jika kita bahas mengenal processor dan bagiannya karena mungkin bagian sebagian para pembaca belum mengenal processor dan bagiannya.

Mengenal Processor dan Bagiannya

Pengertian ProcessorMengenal Processor dan Bagiannya

Processor merupakan sebuah benda yang berbentuk chip berupa IC (Integrated Circuit) yang mengatur seluruh sistem komputer atau sebagai otak dari sebuah komputer dalam melakukan tugas input maupun input. Intinya pengertian dari processor adalah otak yang mengatur segala aktifitas dalam sebuah komputer atau laptop.

Baca juga : Lebih Mengenal PC All In One

Fungsi Processor

Sobat tentunya mengenal yang namanya KALKULATOR. Ya, alat berhitung. Dahulu processor seperti itu, yakni hanya dapat melakukan aktifitas artimatika saja, jumlah kurang, tambah dan bagi. Processor dahulu memang bersifat terbatas. Namun sekarang processor terus dikembangkan sehingga benar-benar dapat membantu manusia.

Processor memang bentuknya kecil namun kecerdasan dan kemampuannnya mampu membantu aktifitas kita. Kekuatan dari sebuah processor dapat dapat digolongkan dalam satuan MHz dan GHz. Yang mana semakin besar GHz maka akan semakin bagus.

Contohnya saja jika kita memiliki processor dengan kecepatan 3 Gigahertz (GHz) artinya processor tersebut mampu membaca 3000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya.

Baca juga : Cara Membuat Tempat Tanda Tangan di MS Word dengan Rapi dan Baik

Bagian-bagian Processor

Mengenal Processor dan Bagiannya

Walaupun bentuknya kecil ternyata processor juga ada bagiannya loh. Apa saja bagian dari processor ?

1. Aritcmatics Logical Unit (ALU)

Dari nama bagiannya harus kita bisa menebak bahwa bagian prosessor yang bernama Aritcmatics Logical Unit (ALU) ini merupakan bagian yang bertugas mengerjakan tugas dasar seperti aritmatika (kurang, tambah, bagi, kali) dan logika (and, or dan Not) dan juga perbandingan.

2. Control Unit (CU)

Bagian ini merupakan “atasan” dari bagian Aritcmatics Logical Unit (ALU). Control Unit dari processor ini merupakan bagian yang memberi instruksi kepada bagian Aritcmatics Logical Unit (ALU) agar melakukan suatu operasi. CU (control unit) ini yang mengatur processor mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Dan juga agar segala aktifitas tidak berantakan atau tumpang tindih atau crash dengan aktifitas lainnya.

3. MU (Memory Unit) atau Register Unit (RU)

Ada yang mengatakan bagian ini bernama MU (Memory Unit) dan ada pula yang mengatakan bagin ini bernama Register Unit (RU). Tidak usah binggung karena pada intinya bagian ini merupakan bagian yang sama. Tugas dari bagian ini adalah sebagai penyimpan data sementara ketika waktu pemrosesan. Tugasnya mirip dengan RAM (Random Access Memory). Istilah lainnya yang digunakan pada bagian ini adalah cache memory dalam processor

Baca juga : Cara Cepat Mencari File Di Windows

Ya begitulah processor. Bagian inti dari sebuah PC atau laptop yang sangat penting. Semoga sobat pembaca paham ulasan mengenai Mengenal Processor dan Bagiannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Mengenal Processor dan Bagiannya ini.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *