Home » Word » Mengenal Format DOC dan DOCX di Microsoft Word

Mengenal Format DOC dan DOCX di Microsoft Word

Mengenal Format DOC dan DOCX di Microsoft Word – Microoft Word merupakan software yang banyak digunakan untuk mengolah kata. Keunggulan software ini sudah tidak diragukan lagi. Walaupun software ini berbayar alias Close Source namun tetap saja banyak yang menggunakan.

Dari hari ke hari Microsoft Word terus dikembangkan fiturnya. Selain MS Word masih ada MS. Excel, Power Point yang mana juga merupakan keluarga dari Microsoft Office. Perkembanngan MS Word tidak hanya dalam fitur tetapi juga dalam Format ekstensi file.

Baca juga : Cara Memberi Harokat Huruf Arab di MS Word

Jika Sobat Santri Drajat mengenal format DOC yang mana merupakan format yang bersejarah. Tipe ekstensi DOC ini merupakan ekstensi yang mana sudah digunakan sebelum tahun 2000. 😀 Format ekstensi DOC ini dipatenkan oleh pihak microsoft sehingga hanya pihak microsoft yang bisa mengembangkan format ini.

Mengenal Format DOC dan DOCX di Microsoft Word

Mengenal Format DOC dan DOCX di Microsoft Word

Dalam segi format, format file DOC mempunyai format binary. Sedangkan docx mempunyai format XML yang mana membuat format docx mempunyai beberapa keunggulan di bandingkan format DOC.

Untuk membuka file yang bereksitensi DOCX harus menggunakan microsoft word 2007 ke atas. Namun MS Word 2003 pun bisa membuka file DOC dengan syarat menginstal aplikasi tertentu, yang mana software ini fungsinya menjadikan kompatible dengan file DOCX. Software ini sama dengan yang digunakan untuk mengatasi spasi hilang di MS Word 2007. Silakan baca artikel bagaimana cara mengatasi spasi yang hilang di MS Word 2007.

Kelebihan DOCX dibandingkan DOC

Karena file format DOC dikembangkan menjadi DOCX maka tentu saja ada kelebihannya. Apa saja kelebihan dari file DOCX ? Silakan disimak ?

Ukuran file DOCX lebih kecil dari DOC

Mungkin hal ini tidak akan terasa jika sobat memiliki penyimpanan yang besar. Dan juga file DOC hanya berisi beberapa halaman saja. Namun jika file DOC yang berisi ratusan lembar maka akan terasa besarnya file DOC ini. Karena itulah DOCX hadir dengan ukuran yang lebih kecil. Sebagai bukti silakan cek gambar di bawah ini.

Mengenal Format DOC dan DOCX di Microsoft Word

Kemungkinan Kecil Terjadi Corrupt File

Terjadi Corrupt File bisa saja terjadi pada file MS Word. Corrupt File atau data yang kurang lengkap bisa terjadi karena mengcopy atau meminda data belum selesai atau belum lengkap. Sekarang file format DOCX sudah meminimalisir sekecil mungkin agar tidak terjadi file corrupt.

Tahan Terhadap Serangan virus

File penting banyak dan kena virus. Galau ? 😀 File yang berformat DOCX diklaim oleh pengembang bahwa lebih tahan terhadap virus. Entah apa sebabnya. Mungkin saja karena dasar format yang digunakan. Yakni DOC menggunakan format binary dan DOCX menggunalan XML.

Akses Lebih Cepat

Kalau membuka file DOC atau DOCX yang berisi ratusan atau ribuan halaman akan terasa hal ini. File DOCX akan lebih cepat diakses daripada file DOC. Jadi waktu loading lebih cepat.

DOCX bisa dibuka di Web

Karena dasar dari DOCX adalah XML .(Extetable Markup Langunge) maka bisa dibuka di web. Hal ini berbeda dengan file berformat DOC yang menggunakan binary sebagai dasarnya. Mungkin butuh kalkulator untuk membukanya. 😀

Sekarang sudah mengerti kan apa bedanya DOC dan DOCX. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel Mengenal Format DOC dan DOCX di Microsoft Word ini agar semakin banyak yang mengerti tentang DOC dan DOCX.

Bagikan / Share

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *