Home » Hardware » Mengenal Fan (Kipas) Pendingin Komputer dan Fungsinya

Mengenal Fan (Kipas) Pendingin Komputer dan Fungsinya

Mengenal Fan (Kipas) Pendingin Komputer dan Fungsinya – Bagian dari komputer yang tidak kalag penting adalah Fans atau kita mengenalnya sebagai kipas. Kipas pada komputer atau laptop merupakan bagian yang keberadaan wajib.

Kenapa wajib ada kipas pendingin di dalam sebuah komputer atau laptop ? Saat kita menyalah sebuah komputer maka fan akan otomatis menyala. Fungsi dari kipas adalah menyetabilkan suhu pada komponen komputer.

Jika tidak ada kipas pendingin yang berfungsi ya siap-siap saja komputer atau laptop tiba-tiba restart. Saya sendiri pernah mengalami demikian. Waktu sedang asyik di depan komputer tiba-tiba mati komputernya, ternyata penyebabnya fan atau kipasnya.

Baca juga : Cara Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar

Mengenal Fan (Kipas) Komputer dan Fungsinya

Mengenal Fan (Kipas) Pendingin Komputer dan Fungsinya

Lebih dalam membahas tentang kipas komputer. Fungsi utama dari kipas pendingin adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini memang telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive.

Fungsi lain dari kipas pendingin adalah Funghsi menjaga agar CPU tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut. Namun fungsi ini akan terhambat apabila kipas pendingin sobat banyak debunya. Sebaiknya sobat sering bersihkan kipas pendingin ini dari berbagai kotoran.

Untuk membersihkan kipas pendingin cukup siapkan kuas seukuran 2 jari orang dewasa saja untuk membersihkan, mudah bukan. Tanpa perlu bongkar komponen kok, cukup lepas satu sisi casing CPU dan bersihkan. Dan perhatikan juga kebersihan komponen lainnya.

Baca juga : Cara Merawat CPU Yang Baik dan Benar

Mengatasi Masalah Pada Kipas Pendingin Komputer

Seperti halnya komponen komputer lain, kipas pendingin juga terkadang mengalami masalah. Masalah ini terkadang menggaggu. Di bawah ini disajikan beberapa permasalah dasar pada kipas pendingan

1. Kipas Pendingin Berisik

Bunyi berisik pada kipas pendingin sebenarnya adalah masalah sepele. Yakni adanya kabel yang menempel atau dekat dengan kipasnya. Jika hal ini terjadi silakan jauhkan kabel-kabel dari kipas. Hal ini juga agar sirkulasi udaranya lancar tidak terhambat kabel tersebut.

2. Kipas Pendingin Tidak Berputar

Komputer menyala tapi kipas pendingan tidak menyala ? Coba cek pada kabelnya, siapa tahu kabel power yang menempel di motherboard belum terpasang dengan sempurna. Atau juga bisa salah satu kabelnya putus. Dan yang lebih parah memang kipas pendingin tersebut tidak bisa digunakan. Ya silakan ganti dengan yang baru saja.

Jika putus masih bisa disambung ya silakan saja disambungkan. Agar lebih hemat. 😀

3. Kipas Pendingin Berputar Melambat

Memang berputar namun kecepatan kipas pendingin kok lemot ? Saya menemukan di komputer build up kipasnya mampu mendeteksi kinerja komputer. Ketika digunakan untuk hal berat, desain video atau audio maka kipas akan otomatis lebih cepat dan melambat apa bila tidak gunakan.

Namun lain halnya dengan kipas pendingin biasa yang mana berputar dalam proses apapun sama. Jika perputarannya melambat ya silakan ganti dengan baru saja. Murah kok, lebih mahalan CPU nya. 😀

Ulasan tentang Mengenal Fan (Kipas) Pendingin Komputer dan Fungsinya ini sebenarnya masih kurang. Mungkin lain kali bisa saja tambahkan terusannya. Sekian dulu ya tentang Mengenal Fan (Kipas) Pendingin Komputer dan Fungsinya. Jangan lupa share kepada teman yang lain. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. laptop saya kipasnya lumayan berisik *curhat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *