Home » Blog » Mengenal Domain Authority dan Page Authority dalam Dunia Blogging

Mengenal Domain Authority dan Page Authority dalam Dunia Blogging

Mengenal Domain Authority dan Page Authority dalam Dunia Blogging – Muncul di halaman pertama ketika seseorang memasukkan kata kunci tertentu adalah salah satu dibuatnya sebuah web. Misalnya saja, ketika kita mengetikan “Tutorial root Xiaomi 4X” di mesin pencari Google dan yang muncul dibagian atas adalah domain website kita.

Semakin banyak kata kunci yang dicari maka website kita akan semakin ramai. Semakin banyak pengunjung ke website kita maka akan semakin bagus. Hal ini merupakan tujuan adanya website.

Di dalam dunia SEO (search engine optimization) terdapat istilah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Domain Authority merupakan sebuah penilaian terdapat sebuah domain dari angka 1-100. Semakin besar nilainya maka akan semakin bagus. Misalnya saat ini domain santridrajat.com PA (Page Authority) nya 37 dari nilai 100.

Baca juga : 

Sedangkan PA (Page Authority) merupakan penilain terhadap suatu halaman website. Bedanya dengan DA yakni jika Domain Authority dinilai domainnya misalnya www.santridrajat.com sedangkan www.santridrajat.com/cara-ampuh-melindungi-wifi-agar-tidak-mudah-di-bobol/ adalah halaman yang dinilai page Authority nya.

Penilain Google terhadap suatu domain ini membuat website bisa muncul di halaman pertama. Penilain terhadap suatu domain baik itu DA maupun PA berdasarkan kualitas website, umur website dan lainnya.

Mengenal Domain Authority dan Page Authority dalam Dunia Blogging

Mengenal Domain Authority dan Page Authority dalam Dunia Blogging

Semakin banyak orang percaya atau senang ke suatu alamat website maka kemungkinan besar website tersebut akan semakin besar nilai DA dan PA nya. Tanda senang atau suka terhadap suatu website ditandai ketika sesorang mengunjungi website, semakin lama sobat mengunjungi suatu website maka nilainnya akan semakin bagus.

Namun bukan berarti website atau blog yang memiliki domain authority dan page authority besar semakin banyak pengunjungnya. Hal ini kurang tepat karena setiap web memiliki konten yang berbeda.

Jika web memiliki artikel yang banyak dicari maka pengunjungnya semakin banyak. Dan itu berlaku sebaliknya. Volume pencarian setiap kata kunci berbeda. Misalnya pencarian Tutorial Membuat Struktur Organisasi di Word dalam sebulan volume sekitar 10.000 sedangkan “Cara Membobol Wifi Tanpa Password” sekitar 50.000 maka website yang memiliki kontent atau isi “Cara Membobol Wifi Tanpa Password” akan semakin banyak dikunjungi.

Baca juga :

Dan perlu diketahui ada banyak sekali website diluar sana yang memiliki kontent atau isi artikel yang mirip-mirip. Jangan salah, ketika website atau blog Sobat memiliki kontent artikel “Cara Membobol Wifi Tanpa Password” tidak serta merta muncul di halaman pertama.

Ada banyak penilaian website bisa muncul dihalaman pertama. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi website kita muncul di halaman pertama diantaranya :

1. Kualitas Artikel
2. Panjang Artikel
3. Backlink
4. PA dan DA

Itu adalah sedikit penjelasan tentang PA atau Page Authority dan DA atau Domain Authority. Sekedar tips dari saya kalau ingin PA dan DA besar tulis artikel yang banyak dicari. Perbanyak pula share sosial media, namun jangan sampai SPAM. Sekian dulu, semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *