Home » Software » Mengenal Berbagai Sistem Operasi (OS) pada Handphone

Mengenal Berbagai Sistem Operasi (OS) pada Handphone

Mengenal Berbagai Sistem Operasi (OS) pada Handphone – Sebelum adanya sistem operasi android telah ada beberapa sistem operasi handphone. Yang paling dikenal sebelum adanya OS android adalah Symbian. OS Symbian ini kebanyakan digunakan pada Handphone Nokia yang menjadikannya raja handphone, bahkan ada orang menganggap kalau bukan nokia belum di anggap punya HP.

Baca juga : Hal-hal yang dilakukan setelah membeli smartphone android

Di bawah ini beberapa macam sistem operasi handphone :

Palm OS

Palm OS atau dikenal juga dengan nama Garnet OS merupakan sistem operasi yang dikembangakan oleh Palm Inc yang mana sistem operasi ini digunakan untuk PDA (Personal Digital Assistan) pada tahun 1996. OS ini memang sengaja dirancang dengan desain tampilan touchscreen berbasis gratis.

Sistem Operasi Java

Java OS merupakan sistem operasi yang dengan Java Virtual Machine sebagai komponen fundamental. Hal ini karena dikembangkan oleh SUN Microsystems. Berbeda dengan Windows, Mac OS, Unix atau Unix seperti sistem terutama yang ditulis dalam bahasa pemrograman C.

Sistem Operasi Symbian

Sistem Operasi Symbian ini cukup populer sebelum hadirnya Android. Atau mungkin bila tidak ada android bisa saja symbian ini terus berkembang. Namun akhirnya muncul sistem operasi android yang akhirnya menyebabkan tumbangnya raksasa Nokia yang juga pengguna OS symbian paling banyak. Sistem Operasi Symbian ini merupakan sistem operasi close source atau bersumber tertutup berbeda dengan android yang open source. Perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Symbian ini bernama Symbian Ltd. Sejak awal memang Symbian OS dirancang untuk perangkat bergerak (mobile).

Sistem Operasi Maemo

Maemo adalah sistem operasi yang terbatas, terbatas karena hanya digunakan oleh pabrikan handphone nokia saja, itupun cuma beberapa yakni seri Nokia N770, N800, N810 dan N900. Sistem ini merupakan sistem operasi yang mengutamakan aktifitas browseing daripada komunikasi.

Sistem Operasi Bada Samsung

Samsung tidak hanya menggunakan OS android sebagai sistem operasi andalan namun juga sempat menggunakan Bada Samsung sebagai operating system. Sistem Operasi Bada ini menawarkan tampilan yan intuitif tanpa mengesampingkan efisiensi para pengguna. Samsung Bada memiliki flash control, sensor gerak, web control, kontrol fine – tuned vibration control dan juga memiliki face detection.

Sistem Operasi WebOS

Web OS ini merupakan sistem operasi yang juga dikembangkan Palm Inc. Sistem operasi ini dikenalkan oleh Palm Inc sebagai penerus Palm OS. Namun akhirnya Web OS ini diakusisi oleh HP.

Sistem Operasi Blackberry

Smartphone blackberry dulu memang sempat booming di Indonesia. Namun pada akhirnya nasibnya sama seperti nokia yang tumbang. Namun kekalahan blackberry ini karena banyaknya pengguna yang beralih menggunakan sistem operasi Android dan iOS. Alasan menggunakan blackberry adalah adanya Blackberry Mesengger atau yang lebih kenal dengan BBM. Namun setelah adanya BBM di Android dan iOS maka pengguna pun lebih memilih Android dan iOS dari pada blackberry.

Sistem Operasi Windows

Microsoft sebagai raksasa teknologi yang mana produkngya banyak digunakan di dunia. Windows sebagai sistem operasi yang unggulan untuk dekstop pun dihadirkan di perangkat mobile. Bagi yang suka berinteraksi pekerjaan kantor mungkin cocok menggunakan smartphone windows ini karena ada aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk keperluan kantor.

Sistem Operasi iOS

iOS adalah satu sistem operasi mobile yang mana hanya dapat digunakan oleh perangkat buatan Apple seperti iPhone, iPod Touch dan iPad. iOS terbilang sistem operasi High Class karena memang untuk memilih perangkat buatan Apple ini terbilang mahal. Walaupun mahal banyak orang ingin memiliki perangkat buatan Apple ini.

Sistem Operasi Android

Kalau sistem operasi android ini sepertinya sudah tidak asing lagi. Sekarang ini mungkin android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang open source dan dikembangkan oleh Google. Karena open source ini maka banyak orang menggunakannya. Banyak sekali fitur dari Android yang memikat pengguna.

Itu beberapa sistem operasi handphone yang pernah ada. Sebenarnya banyak lagi sistem operasi mobile yang belum disebutkan. Dari Indonesia sendiri pun ada sistem operasi mobile namun belum banyak dibahas di internet.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. it solution jakarta

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *