Home - Word - Mengenal Berbagai Menu Di Microsoft Word dan Fungsinya

Mengenal Berbagai Menu Di Microsoft Word dan Fungsinya

Mengenal Berbagai Menu Di Microsoft Word dan Fungsinya – Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai berbagai menu yang ada di Microsoft Word dan Fungsinya. Tidak ada salahnya belajar Microsoft Word. Ilmu yang bermanfaat InsyaAllah, paling tidak kita bisa melakukan print atau cetak dengan menggunakan microsoft word.

Daripada terlalu panjang lebar silakan simak menu microsoft word dan fungsinya di bawah ini

Baca juga :  Cara Mengatur Kertas F4 atau Folio di Microsoft Word

Lebih Dekat Dengan Microsoft Word

Program komputer yang satu ini merupakan program komputer yang familiar di kalangan masyarakat. Kehadirannya sangat membantu sekali dalam keseharian kita. Microsoft Word merupakan program bersutan microsoft yang mana ditujukan untuk mengolah kata, seperti namanya WORD yang mana dimaksutkan untuk mengolah kata atau tulis menulis.

Microsoft Word tidak sendirian, dia hadir bersama dengan Excel, Powerpoint dan lain sebagainya. Namun yang populer adalah Word, Excel, Powerpoint ini. Semua program gabungan antara Microsoft Word, Excel, Powerpoint biasa disebut Microsoft Office.

Untuk versi Office biasanya hadir 3 tahun sekali. Misalnya Microsoft Office 2007, kemudian hadir Microsoft Office 2010, Office 2013, Office 2016 dan sekarang sudah hadir Office 2019. Sobat sudah menggunakan Office 2019 mana ?

Mengenal Berbagai Menu Di Microsoft Word dan Fungsinya

Home

Menu ini biasanya terletak di bagian paling kiri. Termasuk menu utama tentunya. Di dalam menu ini ada menu Clipboard, Font (huruf), Paragrap, Style dan sebagainya.

Insert

Sebelah kanan menu Home ada menu Insert. Menu ini merupakan menu dimana kita bisa memasukkan shapes, table, chart, screenshot dan sebagainya. Dalam membuat sebuah dokumen atau laporan menu ini sangatlah dibutuhkan. Misalnya menambah tabel.

Design

Kebetulan pada saat menulis artikel ini saya menggunakan microsoft word 2013 yang mana terdapat menu Design. Menu ini merupakan menu dimana desain sebuah paragraf di buat. Desain ini merupakan sebuah template jadi kita bisa tinggal edit text nya saja. Di dalam menu ini kita juga bisa memberikan watermak, page borders dan sebagainya.

Page Layout

Agar hasil cetakan dokumen sesuai maka menu ini perlu digunakan. Page Layout merupakan menu dimana kita bisa mengatur ukuran kertas, batas kanan kiri, dan sebagainya. Tentu hal ini merupakan hal penting dalam membuat sebuah dokumen. Tentu saja tujuan dari pengaturan Page Layout ini adalah agar cetakan sesuai dan pas seperti yang kita inginkan.

References

Bagi sobat yang membuat makalah, skripsi atau karya ilmiah lain tentu akan sangat butuh yang namanya referensi. Dalam membuat sebuah karya ilmiah diperlukan data yang jelas dari mana sumbernya. Maka dari itu muncullah footnote atau catatan kaki. Di dalam References ini terdapat menu daftar isi, catatan kaki, captions dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Mudah Print Fotodi Microsoft Word Sesuai Ukuran 

Mailings

Mailings merupakan menu yang sangat membantu ketika kita membuat nama undangan yang mana memiliki nama yang berbeda. Dengan adanya menu ini kita akan terbantu karena kita bisa dengan mudah membuat nama di undangan dengan mudah.

Review

Di dalam menu Review ini terdapat menu spelling atau grammar. Menu ini juga bisa digunakan untuk menghitung jumlah kata dalam sebuah file dokumen word.

View

Menu Ruler atau garis bantu terdapat di menu View ini. Di dalam menu ini sobat bisa melihat atau mengira-ira seperti apa dokumen yang sobat buat apabila di cetak atau print. Tentu hal ini sangatlah membantu apabila digunakan dengan benar.

Baca juga :  Manfaat Shortcut Yang Perlu Diketahui

Perlu diketahui bahwa setiap versi Microsoft Office terdapat perubahan. Tentu juga perubahan menu-menu. Namun menu yang sudah dijelaskan di atas adalah menu utama yang kemungkinan kecil dihilangkan. Ya memang menu utama dari versi ke versi. Kiranya cukup sekian dulu tentang berbagai macam menu Microsoft Word, semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *