Home - Android News - Mengenal Berbagai Macam Type Layar Sentuh Smartphone

Mengenal Berbagai Macam Type Layar Sentuh Smartphone

Mengenal Berbagai Macam Type Layar Sentuh Smartphone – Layar sentuh merupakan bagian penting dari sebuah HP atau Smartphone. Dengan dukungan layar sentuh yang maksimal maka smartphone akan semakin bagus. Biasanya semakin canggih sebuah HP akan semakin canggih pula layar digunakan.

Ada berbagai macam type layar yang digunakan di smartphone. Mungkin sobat Santri Drajat pernah mendengar type layar LCD, TFT, IPS, OLED, AMOLED dan Super AMOLED. LCD, TFT, IPS, OLED, AMOLED dan Super AMOLEDmerupakan berbagai type layar yang banyak digunakan di HP. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari berbagai jenis type layar tersebut ?

Baca juga : Mengembalikan File / Data Yang Hilang di Android

Mengenal Berbagai Macam Type Layar Sentuh Smartphone

Mengenal Berbagai Macam Type Layar Sentuh Smartphone

Layar LCD

LCD merupakan teknologi yang tidak hanya digunakan di smartphone tetapi juga pernah digunakan di televisi. LCD merupakan kepanjangan dari Liquid Crystal Display. Type layar ini biasanya digunakan untuk smartphone golongan low end. Layar ini tergolong murah dan cocok untuk smartphone golongan low end.

Layar TFT LCD

TFT merupakan kepanjangan dari Thin Film Transistor. Teknologi yang digunakan di layar type TFT ini adalah teknologi LCD (Liquid Crystal Display). Layar type ini mampu memberikan resolusi yang lumayan bagus. Layar TFT juga mampu menampilkan gambar yang menggunakan jutaan warna. Kelebihan dari layar TFT ini adalah mampu menerima respon sentuhan yang cepat. Dan kekurangan dari layar type ini adalah boros baterai.

Layar IPS LCD

Jenis layar IPS ini merupakan jenis layar HP yang apabila digunakan hasilnya lebih jernih daripada jenis layar TFT. Dari segi sensor sentuhan pun layar ini lebih baik dari pada TFT. IPS merupakan kepanjngan dari In Plane Switching. Jenis layar IPS ini biasanya digunakan untuk smartphone kelas menengah. Kekurangan dari jenis layar ini adalah daya yang dibutuhkan tergolong besar. Kecerahan dari type layar ini pun kurang sempurna.

Baca juga : Cara Menghapus Riwayat Pencarian Di Android

Layar OLED

OLED merupakan jenis layar lebih baik daripada type layar LCD. Jenis layar ini mampu menghasilkan warna yang lebih baik pula. OLED merupakan kepanjangan dari Organic Light Emitting Diode. Teknologi yang digunakan di layar OLED menggunakan lapisan bahan organik berbasi karbon yang mana terletak di 2 lapisan yakni katoda dan anoda.

Layar AMOLED

AMOLED merupakan kepanjangan dari ctive Matrix Organic Light Emitting Diode. Type ini merupakan type yang lebih baik dari layar oleh karena menghasilkan warna yang lebih jelas dan cemerlang. Tidak boros tenaga dan menghasilkan ketajaman gambar yang lebih baik.

Layar Super AMOLED

Super Active Matrix Organic Light Emitting Diode atau disingkat super AMOLED merupakan layar yang dikembangkan dari type layar AMOLED. layar ini lebih tipis dibandingkan dengan layar AMOLED dan tentunya lebih responsive dibandingkan type layar AMOLED

Baca juga : Cara Mudah Menyadap HP Pasangan

Itulah jenis-jenis layar yang banyak digunakan di smartphone. Lalu bagaimana dengan dengan Corning Gorilla Glass ? Corning Gorilla Glass merupakan pelindung layar atau pelapis yang digunakan untuk smartphone yang mana tujuannya agar tidak mudah pecah. Sekian dulu tentang Mengenal Berbagai Macam Type Layar Sentuh Smartphone. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

One comment

  1. Untuk kalangan menengah sepertinya layar IPS sudah cukup, soalnya harganya terjangkau, kalau yg amoled mahalmahal. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *