Home » Tips Android » Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop

Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop

Mengatasi USB Android Yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop – Pengiriman data dari laptop via USB memang masih banyak digunakan. Alasannya adalah karena lebih leluasa mengirimkan data dan dianggap lebih cepat daripada mengirim data via bluetoth. Dan juga tidak semua laptop memiliki bluetooth.

Namun sekarang terus berubah, seseorang bisa memanfaatkan aplikasi seperti Share It yang mampu mengirimkan data dari laptop ke android atau sebaliknya. Walaupun ada aplikasi, tetapi orang akan tetap lebih suka menggunakan USB.

Baca juga : Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Dengan memanfaatkan kabel USB kita bisa saling sharing data dari laptop ke Android dengan mudah. Tetapi terkadang penggunaan USB sebagai media tranfer ini mengalami masalah. Yakni USB tidak terdeteksi atau terbaca. Mengapa terjadi demikian ? Berikut ini kita ulas mengenai Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop.

Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop

Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop

  • Mengecek Keadaan Kabel USB dengan Teliti

Ada beberapa tipe USB yakni USB for charge only yakni USB yang hanya bisa digunakan untuk mengecas. Dan USB Charge And Tranfer data yang mana bisa digunakan untuk charge/ mengisi daya dan juga bisa digunakan untuk tranfer data.

Maka dari itu sebelum membeli cek dahulu type USBnya seperti apa. Ciri dari USB yang hanya bisa digunakan untuk charge biasanya lebih murah. Kalau ingin USB benar-benar bagus gunakan USB yang original. Karena USB yang dijual dipasaran kualitasnya kurang terjamin. Mudah rusak dan tentunya kualitasnya berbeda dengan yang original.

Baca juga : Cara Membuat Autotext Ala Blackberry di Android

  • Mengecek Driver USB di PC Laptop

Jika sobat mengalami kendala dalam mentranfer data bisa saja masalahnya adalah Driver USB-nya. Karena jika masih menggunakan Android versi lama maka akan diminta menginstal driver. Dan juga pengaruh dari vendor pembuat HP tersebut yang mengharuskan untuk menginstal driver USB di laptopnya.

  • Atur Mode Android ke MTP (Mode File Transfer)

Jika sobat menggunakan android versi Jelly Bean yang dari samsung ketika mencolokkan kabel USB ke PC Laptop maka akan muncul peringatan. Peringatan ini memungkinkan user untuk memili mode. Memilih Mode MTP (Mode File Transfer) ataukah menggunakan kamera. Silakan pilih MTP jika menginginkan tranfer file atau data dari android ke PC Laptop atau sebaliknya. Untuk versi di atas Jelly Bean hampir sama. Namun ada beberapa vendor HP yang langsung menggunakan mode MTP (Mode File Transfer) ini.

Baca juga : Alasan Mengapa Upload dan Download Lemot dan Solusinya

  • Cek Port USB di Laptop

Kerusakan pun bisa terjadi USB PC atau Laptop sobat. Karena itulah apabila USB tidak terdeteksi cobalah untuk mengecek port USB di laptop sobat. Test dengan menggunakan Flasdisk atau USB Hardisk eksternal. Apabila masih error atau tidak terdeteksi, kemungkinan port USB PC Laptop mengalami masalah.

Dari beberapa point tentang Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop di atas bisa saja terjadi di PC Laptop sobat. Demikian tentang Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop. Semoga bermanfaatdan jangan lupa share artikel Mengatasi USB Android yang Tidak Terdeteksi di PC Laptop ini.

Bagikan artikel ini

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *