Home » Tips Android » Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Android

Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Android

Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Android – Screenshot atau mengambil gambar layar di android adalah hal sudah biasa dilakukan oleh pengguna android. Namun jika menggunakan fitur obrolan pribadi maka anda tidak akan bisa menggunakan fitur screenshot ini.

Untuk melakukan screenshot cukup tekan tombol power + Volume Down (bawah) bersamaan namun untuk pengguna samsung android dapat menekan home + power secara bersamaan.

Baca juga : Cara Membuat Blog Untuk Orang Awam
 
Jika sudah menggunakan cara screenshot yang benar tetapi tetap tidak bisa mendapatkan gambar screenshot coba beberapa tips mengatasi tidak bisa screenshot android di bawah ini :

1. Pasang Dengan Benar SD Card

Setiap screenshot yang di ambil akan di simpan di memori ekternal karena itulah diperlukan SD Card, walaupun ada memori internalnya yang masih kosong. SD Card sudah terpasang namun belum bisa screenshot? Coba cek SD Card tersebut, sudah terpasang secara benar apa belum. Jika sudah dapat melakukan akses ke file manager maka sudah benar. Apabila sudah dapat mengakses ke file manager tetapi tetap tidak bisa screenshot kemungkinan besar SD Card tersebut rusak.

2. SD Card Penuh

Jika SD Card sudah penuh segera Hapus file yang sekiranya tidak penting atau memindahkannya ke device lain, bisa laptop, komputer atau bahkan Android lain. 

3. Gunakan Aplikasi Screenshot Lain

Play store menyediakan berbagai macam aplikasi, baik berbayar atau gratis. Banyak aplikasi di play store yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot. Silakan pilih yang sesuai untuk kebutuhan anda. 

4. Tidak adanya folder Screenshots

Karena tidak adanya folder “Screenshots” bisa menjadi salah satu penyebab mengapa tidak bisa melakukan screenshot. Jika belum ada folder “Screenshots” buatlah Folder baru di SD Card dengan nama “Pictures” tanpa tanda kutip kemudian di dalam folder Pictures tersebut buat folder lagi dengan nama “Screenshots”. Khusus untuk Xiaomi sedikit berbeda. Yakni /sdcard/DCIM/screenshot
Begitulah Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Android. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan Artikel Kami

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *