Home - Hardware - Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi di HP

Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi di HP

Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi di HP – SIM Card atau Kartu SIM merupakan kartu yang dapat menghubungkan antara satu hp dengan hp lain melalui layanan operator. SIM card ini bentuknya kecil, hanya sebesar kuku orang dewasa namun sangat berguna dan dapat menyimpan ratusan nomoer telepon (kontak telepon).
Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi di HP

Baca juga : Cara Merawat Baterai Agar Awet

Ada kalanya SIM Card ini tidak terdeteksi. Penyebab SIM card tidak terdeteksi bermacam-macam. Di bawah ini ada beberapa penyebab mengapa SIM Card tidak terdeteksi dan cara mengatasinya.

  1. Belum Terpasang Dengan benar. Coba lah cek apakah pemasangannya sudah benar. Karena terburu-buru memasang akhirnya kita memasang dengan kurang tepat. Terutama bagi yang menggunakan mini SIM yang bentuknya kecil, jadi harus benar-benar terpasang secara benar.
  2. Slot SIM Card Rusak. Karena terlalu sering digonta-ganti sim card maka bisa saja tempat sim card atau slot SIM menjadi longgar dan juga bisa rusak. Jika memang tidak penting sebaiknya jangan terlalu sering mengganti SIM card hal ini untuk mengurangi kerusakan hardware HP. Untuk mengetes apakah slot sim yang rusak cobalah gunakan beberapa SIM Card lain. Dan jika hasilnya sama yakni tetap tidak terdeteksi maka yang rusak adalah Slot SIM card tersebut. Jika memang sudah rusak sebaiknya dibawah ke tukang servis hp di sekitar anda.
  3. Sim Card Rusak. SIM Card ini bentuknya memang kecil dan terdapat bagian yang sensitif dan jika tergores maka dapat menyebabkan SIM tersebut rusak. Jika SIM card tidak terdeteksi maka cek juga SIM Card tersebut. Siapa tahu terjadi goresan atau kerusakan yang menyebabkan SIM Card tersebut tidak dapat digunakan. Untuk mengetes apakah SIM Card tersebut rusak atau tidak cobalah dibeberapa HP, jika hasilnya tetap tidak terdeteksi maka kerusakan yang menyebabkan SIM tidak terdeteksi adalah SIM card tersebut sendiri. Untuk itu bawalah ke kantor cabang layanan operator di kota anda. Biaya untuk mengganti SIM card ini murah, Rp. 5000 sampai Rp. 10.000 tergantung operator, bahkan juga bisa gratis. Jika berbayar mungkin itu karena anda menitipkan kepada orang lain bukan langsung ke operator, ya mungkin untuk biaya kendaraan jadi berbayar agak mahal 😀

Demikian ulasan mengenai Mengatasi SIM Card Tidak Terdeteksi di HP. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *