Home » Hardware » Mengatasi Monitor No Signal Detected Screen Going To Sleep

Mengatasi Monitor No Signal Detected Screen Going To Sleep

Mengatasi Monitor No Signal Detected Screen Going To Sleep – Beraktifitas di depan layar memang terasa menyenangkan, hal ini karena karena kita hanya bekerja di depan layar monitor. Namun ada kalanya bekerja di depan layar mengalami kendala, misalnya saja layar-layar yang tidak menyala dan muncul tulisan No Signal Detected dan kemudian muncul screen going to sleep.
Jika mengalami demikian tidak usah bingung kenapa. Di bawah ini ada solusinya. Dan tidak perlu di bawah ke tukang service PC (Personal Computer) untuk memperbaikinya.

 

Gejala Monitor No Signal Detected Screen Going To Sleep terjadi pada komputer dan tidak terjadi pada sebuah laptop. Masalah Monitor No Signal Detected Screen Going To Sleep ini timbul sebabnya adalah komputer yang lama tidak dinyalakan, apalagi komputer yang tidak di nyalakan ratusan tahun 😀 .

Walaupun komputer sering digunakan tetapi bisa saja komputernya mengalami hal ini. Di bawah ini ada beberapa solusi bagaimana cara mengatasi Mengatasi Monitor No Signal Detected Screen Going To Sleep

Disini kita akan bahas mengapa terjadi Monitor No Signal Detected Screen Going To Sleep, penyebab diantaranya adalah :
1. Monitor Rusak
2. Kabel VGA yang menghubungkan CPU dan Monitor kendor atau serat kabel ada yang putus.
3. Memory Komputer Berdebu atau kotor
4. VGA Rusak
5. Driver VGA rusak atau corrupt
6. Motherboard Rusak
7. Komputer Overheating dan menyebabkan Komputer mati sendiri

Beberapa Cara Mengatasi Monitor No Signal Detected

Jika anda sudah mengerti penyebab-penyebab No Signal Detected seharusnya bisa memperkirakan dimana akan mengatasinya, hal itu jika anda sudah berpengalaman di bidang IT. Namun jika belum paham maka tidak ada salahnya jika membaca artikel ini sampai tuntas.

Cara Pertama : Coba cek kabel VGA yang menghubungkan antara CPU dan monitor. Karena terkadang ada hewan yang sudah menggigit kabel yakni tikus dan menyebabkan layar monitor tidak menyala karena ada kabel yang putus. Atau juga bisa cek dengan mencoba kabel VGA baru atau bisa juga pinjem. Jika menggunakan kabel lain dapat menyala berarti kabel yang anda gunakan mengalami kerusakan dan silakan beli yang baru.

Cara Kedua : Cara kedua ini agak butuh pengalaman, yang belum pengalaman bisa dicoba agar pengalaman, hehe. Silakan bongkar CPU yang digunakan. Cek semua komponen apakah ada yang kurang pas penempatannya atau yang lainnya. Cek semuanya, kipas, VGA Card, motherboard, RAM, dan lain sebagainya. Dan juga bersih apa tidak. Jangan-jangan menjadi sarang hewan di dalamnya. Jika memang kotor segera bersihkan. Kemungkinan penyebabnya adalah kotornya dalam CPU tersebut. Jika sudah bersih. Sekarang lepas dan bersihkan juga RAM komputer dengan penghapus pensil (sejenis karet), bersihkan debu-debunya. Silakan pasang semua komponen dan cobalah restart komputernya.

Cara Ketiga : Jika kedua cara di atas belum berhasil silakan coba cara ketiga ini. Jika awal menyalakan komputer muncul berbagai tulisan yang mana tulisan tersebut adalah data BIOS, maka hal itu menunjukkan bahwa monitor anda tidak mengalami kerusakan. Kemungkinan adalah setingan driver VGA yang mengalami kerusakan atau corrupt. Solusinya adalah adalah masuk dalah Safe Mode dan instalnya driver VGA yang dibutuhkan.

Cara Keempat : Cara ini sedikit berbeda dengan cara-cara di atas. Silakan cek dompet anda (hal ini sangat penting), jika tebal dan berisi banyak uang berjejer silakan bawah komputer anda ke tukang servis untuk melihat dan memperbaiki kerusakaannnya 😀 Semoga berhasil ya.

Demikianlah penjelasan bagaimana cara mengatasi Mengatasi Monitor No Signal Detected Screen Going To Sleep yang bisa terjadi di komputer dekstop anda. Jangan lupa share artikel ini ya..

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *