Home - Tips Android - Mengatasi Memory Internal Android Yang Penuh

Mengatasi Memory Internal Android Yang Penuh

Mengatasi Memory Internal Android Yang Penuh – Memory Internal Android memang terbatas, apalagi Smartphone Android jadul (jaman dulu) maka internal nya tentunya sangat minim. Jika memory internal sudah penuh maka kita tidak dapat menginstal aplikasi lagi, kecuali smartphone tersebut sudah dapat menginstal aplikasi di memori external. 

Mengatasi Memory Internal Android Yang Penuh

 
Baca juga : Tips Merawat LCD Laptop Yang Baik dan Benar

Walau sekarang banyak smartphone yang dibekali dengan memory internal besar namun banyak yang mengelu karena memory internal yang penuh. Banyak penyebab mengapa memori internal penuh, bisa terlalu banyak aplikasi yang terinstal, bisa karena terlalu banyak file cache dan lain sebagainya. Di bawah ada beberapa tips Mengatasi Memory Internal Android Yang Penuh :

Memindah aplikasi Yang Sudah terinstal Ke External

Setiap menginstal aplikasi maka akan file installer yang akan di simpan di memori internal. Dan jika terlalu banyak yang di instal maka akan menyebabkan memori internal akan full. Untuk itu pindah aplikasi yang sudah di instal ke memori external.
Cara memindah data aplikasi dari Internal ke External :
– Masuk pada menu pengaturan (settings)
– Aplikasi (aplications)
– Kelola Aplikasi (manage Aplication)
– Pilih salah satu aplikasi yang akan di pindah ke SD Card
– Kemudian pilih “Pindah ke SD Card (Move to SD Card)”

Perlu diketahui tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memory external. Jika sudah begitu download aplikasi Link2SD yang dapat digunakan untuk memindahkan data aplikasi yang sudah di instal ke memori external. Dan jika tidak adalah tulisan “Pindah ke SD Card (Move to SD Card)” maka tandanya aplikasi tersebut sudah berada di memori external.

Kekurangan menggunakan memori external ini adalah ketika memory yang ada datanya tersebut dilepas maka aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan karena semua file aplikasi tersebut berada di memori external.

Jika menyimpan file data aplikasi maka gunakanlah SD Card dengan kecepatan tinggi karena jika menggunakan SD Card biasa maka aplikasi akan terlihat lemot dan menyebabkan memori tersebut mudah rusak.

Bersihkan cache

Cache juga menjadi penyebab memori internal membengkak. Semakin lama maka akan semakin banyak. Cache ibarat “jejak” atau “sampah” dari sebuah aplikasi. Untuk meghapus cache ini mudah caranya yakni :

  • Masuk pada menu pengaturan (settings)
  • Aplikasi (aplications)
  • Kelola Aplikasi (manage Aplication)
  • Pilih salah satu aplikasi yang akan dihapus cache nya
  • Pada bagian CACHE pilih hapus cache


Warning !!!
Jangan menghapus sosial media seperti BBM, WA, dan lain sebagainya. Karena jika menghapus cache tersebut maka seluruh data chat atau file semua data aplikasi tersebut akan hilang. Jadi harus mendaftar ulang jika menghapus cache aplikasi-aplikasi tersebut. Lalu apa aplikasi yang cache nya aman untuk dihapus ? Kamus adalah salah satu, karena aplikasi ini tidak memerlukan cache. Jadi berhati-hatilah jika membersihkan cache. 


Semoga tips Mengatasi Memory Internal Android Yang Penuh bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *