Home - Tips Android - Mengatasi Memori Handphone Yang Penuh Dengan Cloud

Mengatasi Memori Handphone Yang Penuh Dengan Cloud

Mengatasi Memori Handphone Yang Penuh Dengan Cloud – Memory Handphone saat ini terbilang besar-besar dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Saat ini sudah banyak pabrikan handphone yang menyediakan memory penyimpanan yang besar.

Tidak hanya memori internal namun juga para produsen handphone menyediakan slot memory dimana pengguna bisa menambah kapasitas memory handphone kesayang mereka dengan memori eksternal. Memang efektif namun kadang orang malas untuk menambahkan memory eksternal karena dianggap ribet.

Baca juga :  Mengatasi Lupa Kunci Pola dan Password Lockscreen Xiaomi

Mengapa Memory Handphone Cepat Penuh ?

Dibenak kita terkadang terpikir demikian, kenapa memori cepat penuh ? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan demikian. Misalnya saja menginstal aplikasi yang memiliki size besar. Game saat ini tergolong butuh penyimpanan yang besar. Jadi tidak usah kaget apabila game yang digunakan memiliki size besar. Ada hal lain yang tanpa kita sadari banyak ternyata butuh memori penyimpanan yang lebih yakni FOTO. Foto handphone saat ini berbeda dengan zaman dahulu. Sekarang sudah semakin canggih. Foto yang dihasilkan oleh kamera handphone saat sudah bagus sekali. Karena kualitas foto yang bagus inilah butuh memori penyimpanan yang banyak. Bayangkan saja, jika 1 foto size nya 3 Mb sampai 5 Mb dan kemudian dikalikan jumlah foto di handphone sobat, kira-kira jumlahnya berapa jumlahnya ? 😀

Belum lagi whatsapp group yang mengirim foto dan video yang bisa memenuhi galeri gadget sobat. Tapi tenang saja. Ada solusi untuk mengatasi memori yang penuh di gadget atau handphone kesayangan sobat dengan cloud. Apa itu cloud ? Cloud merupakan tempat penyimpanan yang bersifat online. Artinya kita bisa menyimpan berbagai jenis data di internet dengan menggunakan gadget kita.

Mengatasi Memori Handphone Yang Penuh Dengan Cloud

Mengatasi Memori Handphone Yang Penuh Dengan Cloud

Kelebihan Penyimpanan Cloud

1. File tidak mudah rusak. Kalau sobat pernah menyimpan foto dan video di flashdisk atau memori dan menemukannya kembali dalam keadaan rusak maka hal itu tidak berlaku di cloud. Cloud memiliki data center yang baik sehingga file tidak mudah rusak.

2. Data Selalu Siap Digunakan. Tidak perlu bingung apabila flashdisk atau memori ketinggalan, karena data di cloud selalu siap digunakan kapan saja.

3. Dapat meminimalisir penggunaan memori internal gadget. Tidak perlu membeli memori eksternal karena sobat bisa mengupload data, foto atau file lainnya ke cloud apabila memori internal sobat penuh.

4. Dapat diakses dimana saja. Tidak perlu ribet kesana kemari untuk membawah flashdisk atau penyimpanan fisik. Cukup dengan gadget kita bisa mengakses data kita.

5. Lebih Aman. Teknologi cloud memiliki keamanan yang tinggi, tidak semua orang bisa mengakses data sobat. Hanya pemilik akun yang dapat mengakses datanya.

Baca juga :  Manfaat Backup dan Restore Android

Kekurangan Penyimpanan Cloud

1. Akses Internet. Karena bersifat online tentu butuh koneksi internet. Namun saat ini internet sudah seperti mudah diakses dimana saja dan kapan saja.

2. Untuk mengupload file besar butuh koneksi stabil.

3. Apabila server down maka file sulit diakses. Ini tergantung sobat memilih server, kalau memiliki cloud yang tepat jarang sekali down. Down bukan berarti data hilang ya, hanya saja kecepatan untuk mengakses data lambat atau bahkan tidak bisa.

Ada 2 jenis cloud yakni versi free atau gratisan dan juga versi premium. Tentu saja yang bersifat premium space atau kapasitasnya lebih besar dan juga kecepatan akses berbeda. Biasanya gadget secara default memili penyimpanan online seperti Mi Cloud, ICloud, Samsung Cloud dan sebagainya.

Baca juga : Mengembalikan File Data Yang Hilang Di Android

Sekarang kita bahas cloud selain default yang sifatnya gratisan. Kebanyakan suka gratis kan ? 😀

Kita pisahkan saja berdasarkan jenis datanya agar penyimpanan lebih rapi.

Untuk menyimpan Dokumen atau Surat :
1. Google Drive
2. One Drive
3. Dropbox
4. Megacloud

Untuk menyimpan Foto dan Video

1. Google Photos
2. Flickr
3. Pinterest
4. Amazon Photos
5. Cloud Default Gadget(Samsung Clod, Icloud, MiCloud, Others)

Baca juga :  Cara Mengaktifkan Paket Data Internet GSM di Smartfren Andromax

Untuk kapasitasnya tergantung dari masing-masing server. Biasanya tersedia versi premium dan juga gratisan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan adanya penyimpanan cloud di atas bisa digunakan untuk mengurangi penyimpanan gadget yang cepat penuh.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *