Home - Hardware - Mengatasi Hasil Print Yang Bergaris-garis

Mengatasi Hasil Print Yang Bergaris-garis

Mengatasi Hasil Print Yang Bergaris-garis – Dalam cetak mencetak kadang kala terjadi masalah, misalnya saja masalah hasil cetakan yang kurang maksimal. Bergaris-garis misalnya.

Dalam proses printing tentunya hal ini sangatlah tidak ingin terjadi karena tujuan dari cetakan itu sendiri adalah mendapatkan hasil bagus dan tidak bergaris.

Kalau memang fotonya aslinya bergaris-garis atau foto jadul (jaman dahulu) tidak masalah. Tapi bagaimana dengan foto zaman now atau foto terbaru namun hasil cetakannya malah bergaris ?

Baca juga :

Hasil cetakan yang bergaris ini memang terjadi masalah di printernya. Ada beberapa penyebab yang akan kita bahas di sini dan solusinya. Kalau pun permasalahan ini tidak bisa sobat selesaikan segera bawah ke tukang service printer terbaik yang sobat ketahui.

Mengatasi Hasil Print Yang Bergaris-garis

Mengatasi Hasil Print Yang Bergaris-garis

Sebelum di bawah ke tukang service printer sebaik cek dahulu printernya, siapa tahu tidak perlu di bawah ke tukang service, lebih irit. Untuk mengatasi hasilnya bergaris ada di bawah ini.

Head Cleaning Printer

Head Cleaning adalah solusi dasar untuk mengatasi masalah hasil print yang bergaris. Head cleaning atau pembersihan kepala catridge menggunakan software bawaan dari printer. Tujuannya tentu saja membersihkan catridge dari kotoran seperti debu yang menempel. Bagaimana cara melakukan head cleaning ? Caranya cukup mudah, cari pengaturan software print, nanti akan menemukan head cleaning. Dan tidak bisa saya jelaskan detailnya karena setiap print memiliki

Rendam Catridge ke dalam Air Hangat atau Alkohol

Kadangkala penggunaan printer tidak setiap hari, alias jarang digunakan. Hal ini akan membuat catridge kering (untuk printer model tertentu) tentu hal ini kalau digunakan untuk print maka hasilnya akan bergaris atau tidak maksimal. Untuk mengatasi hal ini sobat bisa melepas catridge kemudian dimasukkan ke dalam air hangat atau alkohol. Cukup celupkan ujung printer saja, jangan semuanya. Hal ini tujuannya agar tinta yang kering basah kembali dan normal. Untuk melepasnya cukup mudah kok, banyak tutorial di internet cara melepas catridge. Namun tetap hati-hati saat melepas catridge, kalau rusak kan bahaya.

Sedot Tinta Pada Cartridge

Untuk menyedot tinta ini butuh alat. Alatnya berbeda-beda. Kebetulan trik ini pernah saya gunakan untuk printer canon. Harga alat penyedot tinta ini cukup murah, sekitar 100 ribu. Tapi untuk printer merk lain saya kurang begitu paham harga penyedot tinta nya. Alasan kenapa diperlukan alat untuk menyedot ini adalah karena adanya tinta yang macet dalam selang dari tabung ke catridge. Hal ini akan membuat hasil print bergaris. Karena itulah kita sedot tintanya agar tinta normal tidak tersumbat atau masuk angin di dalam selang penghubungnya.

Ganti Jenis Kertas

Setiap kertas memiliki kriteria tinta sendiri-sendiri. Ada kertas yang memang digunakan untuk printer yang menggunakan tinta cair dan adapula yang digunakan untuk tinta serbuk. Jangan sampai salah memili kertas. Kalau salah memili jenis kertas maka hasilnya akan bergaris atau tidak jelas. Atau juga jenis kertasnya memang beda, apalagi kertas foto, ada macam-macam kertas foto. Tinta pun demikian, ada banyak merk tinta yang mana kualitasnya memang berbeda, dan tentu hasilnya cetakannya pun berbeda.

Ganti Cartridge

Penggantian catridge diperlukan apabila memang catridge sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki. Hal ini memang menghemat waktu namun cukup menguras uang. Harganya lumayan lah. Karena itulah, sebelum benar-benar ganti catridge coba cek dahulu atau bisa di bawah ke tukang service agar di cek apakah benar catridge mengalami kerusakan.

Baca juga :

Trik mengatasi hasil print yang bergaris-garis bisa dicoba di rumah, tanpa harus ke tukang service. Namun jika memang tidak paham jangan ambil resiko, bawahlah ke tukang service atau ke teman yang paham akan printer. Sekian dulu tentang Mengatasi Hasil Print Yang Bergaris-garis dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *