Home - Tips Android - Mengatasi Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Mengatasi Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Mengatasi Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan – Seringkali para pengguna Android entri level atau pengguna smartphone yang memory internalnya kecil mengalami memory penyimpanan tidak cukup.

Memang saat ini game dan berbagai aplikasi file besar ketika di instal dan tentunya ini akan membuat memory penyimpanan cepat penuh. Tidak semua masyarakat bisa membeli smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar.
Punya HP Android yang harganya murah saja sudah bersyukur sekali kok. Masalah HP Android yang terbatas kapasitasnya bisa di atasi. Tutorialnya di bawah ini ya.

Baca juga :

Keterbatasan kadang malah membuat orang semakin kreatif. Dahulu saya sendiri begitu, tidak punya uang untuk membeli HP Android yang mahal akhirnya membeli HP Android ala kadarnya dan saya root, custom dan saya optimalkan sehingga tidak kalah dengan HP Android mahal.

Dan hasil dari pengalaman-pengalaman tersebut akhirnya di tulis di bloh Santri Drajat ini. Salah satu hal keterbatas adalah masalah memory internal. Sekarang HP Android dengan kapasitas internal 16 GB saja rasanya kurang apalagi yang di bawahnya. Namun tenang saja, kita akan atasi masalah tersebut, yuks simak.

Mengatasi Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Mengatasi Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Pindahkan File Lama

Terhubung dengan berbagai group di sosial media seperti whatsapp kadang bisa membuat memory penyimpanan cepat penuh. Hal ini karena kadang ada anggota group yang mengirim file besar seperti video-video. Kalau video bermanfaat no problem, tapi kalau Cuma video yang tidak penting malah akan membuat penyimpanan penuh.

Untuk itulah kadang kala kita harus membackup data yg ada di memory internal ke penyimpanan lain seperti flashdisk atau hardisk. Jika sudah tahu dan paham hal ini maka segera pindahkan hal yang sekiranya memang tidak dibutuhkan. Atau kalau memang sudah tidak mau silakan hapus saja, misalnya foto kenangan mantan 😀 Ups

Uninstall Aplikasi Tidak Dipakai

Tidak punya waktu bermain game tapi instal permainan atau game ? Ya sebaiknya segera hapus permainan (uninstall). Hal ini bertujuan agar agar memory penyimpanan terbuang sia-sia. Bisa digunakan untuk menginstal aplikasi belajar seperti aplikasi belajar bahasa inggris misalnya. Apalagi jika menginstal game yang besar dan tidak dipernah digunakan, mubadzir kan ? Salah satu ciri game yang banyak memakan ruang penyimpanan adalah game online, installnya online bermainnya pun online. Tidak hanya game, aplikasi lain yang kalau tidak dibutuhkan ya sebaiknya segera uninstall

Pindahkan Aplikasi Terinstal Ke SD Card

SD Card tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan data permanen namun juga bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi yang sudah di install. Di Android memungkinan kita memindahkan data instalasi ke dalam SD Card. Tetapi…
Sebelum memindahkan data aplikasi yang sudah terinstall sebaiknya dipikir terlebih dahulu. Apabila SD Card dilepas maka aplikasi yang terinstall dan tersimpan di SD Card tidak akan bisa digunakan. Dan juga apabila menggunakan SD Card standart maka akan cepat merusaknya. Jadi gunakan SD Card yang memiliki kecepatan tingkat tinggi.

Hapus Cache Secara Berkala

Cache merupakan jejak atau bekas aktifitas kita di dalam sebuah sistem operasi maupun aplikasi. Fungsi cache adalah mempercepat loading saat pertama kali digunakan. Misalnya saja ketika membuka aplikasi belanja, maka otomatis apa saja yang pernah kita cari akan direkam di aplikasi belanja tersebut dan ke depannya aplikasi belanja tersebut mampu merekomendasikan pencarian yang sejenis yang pernah kita cari.
Jika kalimat di atas dirasa membingungkan coba di baca ulang 😀

Beberapa tips dan trik atas silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *