Home - Blog - Maraknya Berita dan Informasi Palsu

Maraknya Berita dan Informasi Palsu

Maraknya Berita dan Informasi Palsu – Dengan media internet yang begitu mudah di zaman sekarang ini banyak orang menggunakannya untuk hal positif, misalnya berbagai informasi yang benar dapat membantu, informasi yang jelas sumbernya dan tentunya dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya. Namun ada pula yang tidak baik, menyebar berbagai informasi yang tidak jelas asal usulnya, berita fiktif, dan masih banyak lainnya. 

Maraknya Berita dan Informasi Palsu

Baca juga : Solusi Untuk HP Android Yang Sudah Root Yang Tetap Lemot

Berita Palsu (Hoax)

Ini yang perlu di waspadai. Sekarang banyak media online yang isinya cuma menyebarkan berita palsu. Misalnya saja “Makanan Yang Sering kita makan berasal dari daging babi, Ayo Share !!!” Sebuah judul menarik yang menggoda untuk di baca, namun banyak orang salah paham tentang itu, padahal belum tentunya aslinya demikian.

Artikel Kesehatan Tidak Bisa di pertanggung jawabkan

 “Ternyata Bunga Ini Dapat Mempercantik Wajah, Tolong Share ya”. Banyak orang tergiur melakukan tindakan share yang belum jelas efeknya. Coba saja lihat blog membagikan artikel yang mirip judul tersebut, blog gratisan !!! Atauu juga blog gratisan yang di custom domain .com dengan modal skitar Rp. 150.000 Kalau memang artikelnya bisa dipertanggung jawabkan dan sumbernya benar-benar jelas maka itu hal yang bagus dan bernilai positif. Namun kalau sumbernya tidak jelas dan tidak bisa dipertanggung jawabkan bagaimana ? Kalau artikel yang di bagikan benar-benar bisa membantu menyembuhkan dari penyakit itu bagus, tetapi kalau tambah parah bagaimana? Yang melakukan penelitian dan riset bertahun-tahun saja tidak berani menyebarkan ilmu yang belum di uji kebenarannya.

Blog Adu Domba

Pada point ini juga sangat penting. Dengan kemudian membuat blog seseorang dengan mudah menggunakkanya untuk adu domba antar kelompok atau golongan. Misalnya blog ini “Wah ternyata golongan Ini aliran sesat, ini buktinya, Bagikan Segera !!!”. Ini adalah politik adu domba memecah belah umat. Ada pula yang sengaja menggunakan nama Islam menggunakan domain berbayar dan sengaja mengadu domba. Dengan modal 150 ribu seseorang dapat mengadu domba suatu kelompok. Maka dari itu perlu di waspadai hal ini. Jangan mudah terpancing dengan hal-hal yang belum tentu benarnya dan bersifat mengadu domba.

Blog Setengah Porno

 “7 Artis Seksi Yang Akan membuat mu klepek-klepek, No 9 Seksi sekali”. Ini jelas adalah blog cuma cari untung tanpa mempertimbangkan ke depannya bagaimana. Foto artis yang di edit dan memiliki judul menggoda kaum adam (kebanyakan). 

Lalu bagaimana mengolah dan memilih informasi di internet yang baik dan benar ? Internet adalah dunia tanpa batas, berbagai informasi di internet bertebaran. “Kalau makan di kunyah terlebih dahulu, jangan langsung di telan” Seperti itu pula di internet. Jangan langsung menelan sebuah informasi, teliti dahulu sumbernya dari mana, siapa penulisnya, dapat di pertanggung jawabkan atau tidak, efeknya bagaimana, jangan mudah di adu domba dan lainnya. Dan untuk pengguna sosial media jangan mudah share artikel atau berita yang belum jelas.
Kiranya hal di atas tentang Maraknya Berita dan Informasi Palsu ini cukup jelas dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel Maraknya Berita dan Informasi Palsu ini.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

2 comments

  1. Facebook sekarang menjadi sasaran untuk menyebarkan berita bohong.

    Biaya iklan untuk menyebarkan berita bohong itu murah sekali di facebook.

    Cukup 50 ribu rupiah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *