Home - Tips Android - Manfaat Backup dan Restore Android

Manfaat Backup dan Restore Android

Manfaat Backup dan Restore Android – Backup android yang saya maksutkan disini adalah kita melakukan backup atau membuat salinan / copi OS android sebelum kita lakukan sesuatu, baik itu custom rom, menambah aplikasi atau yang lainnya. Sedangkan restore merupakan mengembalikan file yang telah di backup atau disalin tersebut.

Sebelum melakukan backup dan restore maka penggunanya harus melakukan root kemudian menginstal CWM agar proses backup dan restore lebih mudah. Kali ini tidak akan dibahas bagaimana cara root dan menginstal CWM. Yang dibahas pada kesempatan kali ini adalah manfaat backup dan restore OS Android itu sendiri. Di antara manfaat backup dan restore OS android adalah :

Manfaat Backup dan Restore Android

Baca juga : Root, Kekurangan dan Manfaatnya

Meningkatkan Harga Jual

Bergonta-ganti HP boleh-boleh saja. Kita bisa melakukan tukar tambah dengan HP yang kita inginkan. Sebagian orang merasa bosan dan ingin merubah tampilan Android mereka dan akhirnya mereka melakukan custom rom. Dengan melakukan custom rom ini maka kita dapat merubah Android berbeda dengan Android bawaan. Tetapi ada pula yang tidak suka dengan melakukan custom rom ini karena di anggap OS custom rom kurang sempurna.

Ketika sudah bosan dengan HP kita dan ingin menjualnya sebaiknya OS custom rom yang telah instal dihapus dan dikembalikan ke OS bawaan. Hal ini merupakan manfaat dari restore os android. Dengan melakukan restore kita dapat dengan mudah mengembalikan OS bawaan dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Pengertian Custom Rom

Berjaga-jaga bila terjadi Error

Kesalahan pada saat mengotak-atik android bisa saja terjadi. Entah itu salah custom rom atau salah instal aplikasi yang bisa menjadikan android menjadi error. Pada saat error inilah kita dapat memanfaatkan restore os android apabila terjadi error dapat dikembalikan seperti awal semula atau sebelum error terjadi.

Nostalgia

Rasa bosan memang bisa menhampiri siapa saja. Begitu pula dengan pengguna android yang sudah melakukan custom rom. Pengguna bisa saja bosan telah terlalu lama menggunakan OS custom rom dan berniat ingin mengembalikan seperti awal agar terlihat baru dan fresh. Dengan menggunakan mode restore semua file yang pernah di backup akan dikembalikan lagi. Dan pengguna dapat menikmati android yang telah di backup sebelumnya tersebut. Demikian mengenai Manfaat Backup dan Restore Android. Semoga bermanfaat dan Terima kasih

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *