Home - Hardware - Macam-macam Tinta Printer Yang Harus Kamu Ketahui

Macam-macam Tinta Printer Yang Harus Kamu Ketahui

Macam-macam Tinta Printer Yang Harus Kamu Ketahui – Dalam perbaduan antara kertas dan tinta yang tepat akan menghasilkan cetakan yang maksimal. Kalimat tersebut saya tulis di artikel “Jenis-jenis printer” Kalimat tersebut kurang jelas apabila tidak kita ketahui apa saja jenis jenis tinta. Karena itulah dalam artikel ini kita akan bahas mengenai jenis-jenis tinta.

Dalam dunia percetakan tinta merupakan hal yang penting. Karena akan berpengaruh dalam hasil cetakan. Ada beberapa jenis tinta yang mana memiliki kecocokan tertentu. Ada tinta biasa, tahan sinar matahari, tahan air dan sebagainya.

Baca juga :

Macam-macam Tinta Printer Yang Harus Kamu Ketahui

Macam-macam Tinta Printer Yang Harus Kamu Ketahui

  • Tinta Pigment (durabrite)

Durabrite dan pigment adalah jenis tinta yang sama. Tinta jenis ini merupakan jenis tinta yang berkualitas karena hasilnya sangat tajam. Tinta yang kental ini memang dibuat sedemikian rupa agar hasil cetakan maksimal. Tinta jenis ini pun tahan air. Bahan pembuat seperti Colorant Pigment dan Diluent merupakan salah satu komponen pembuat tinta ini yang menjadikan berkualitas dan tahan air. Bagi sobat yang menggunakan printer dan di isi jenis mohon jangan sampai kering atau jarang digunakan. Kalau sampai terjadi demikian maka cartridge akan tersumbat jenis tinta ini.

  • Tinta Dye Base

Jenis tinta ini banyak digunakan pada umumnya. Karena jenis tinta ini merupakan jenis tinta yang harganya murah. Cocok untuk mencetak di kertas HVS biasa. Seperti yang kita tahu kalau menggunakan jenis tinta ini maka hasilnya akan mudah luntur dan tidak tahan terhadap sinar matahari. Karena memang jenis tinta ini murah dan hasilnya standart.

  • Tinta Solvent

Terbuat dari bahan cat duco dan bahan yang terpilih membuat jenis tinta ini lebih kuat, lebih tahan air dan sinar matahari. Tinta jenis ini biasanya digunakan untuk hasil cetakan yang diletakkan diluar ruangan dalam waktu yang cukup lama. Seperti banner, spanduk, neonbox dan lainnya. Tinta yang cocok untuk hasil cetakan di luar ruangan atau outdoor. Dan tinta solvent ini bau biasanya menyengat.

  • Tinta Eco Solvent

Adik dari tinta solvent ini memang mirip dengan tinta solvent namun tidak tahan lama jika hasil cetakan diletakkan di luar ruangan. Cocoknya untuk hasil cetakan di dalam ruangan saja. Untuk bau dari tina Eco Solvent ini tidak terlalu menyengat seperti tinta solvent.

  • Tinta Sublimation Ink

Sobat akan mencetak kaos atau keramik ? Maka gunakan jenis tinta ini. Jenis tinta ini memang untuk cetakan dipakaian (kaos) dan juga keramik. Keramik ini maksutnya adalah mug, piring dan sebagainya. Terbuat dari bahas khusus yang memang diperuntukan dalam dunia percetakan kaos dan jenis bahan keramik.

  • Tinta Pigment Art Paper

Jenis tinta ini merupakan jenis tinta dapat digunakan di kertas art paper atau ivory. Hasilnya akan terhilat maksimal dan jernis jika dipadukan dengan tepat. Jenis tinta ini sudah ada cukup lama, dan dulu kebanyakan digunakan di printer Epson R230, Epson T11 dan T20 yang terkenal hasil cetaknya bagus dan tajam.

Baca juga :

Perlu diketahui bahwa setiap printer memiliki spesifikasi berbeda-beda. Jangan memaksakan mengisi tinta yang tidak sesuai. Ada kecocokan antara printer dan tinta. Jadi sebelum menggunakan tinta di sebuah printer sebaiknya pahami dahulu printer nya atau tanyakan pada call center nya. Jika di isi yang bukan pada tempatnya maka bisa saja terjadi kerusakan. Jika tidak ingin ribet atau tidak ingin rusakan maka gunakan tinta original. Biasanya ada kode khusus. Tinta ini untuk printer ini.

Loading...

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *