Home » Hardware » Lebih Baik Mana Komputer Built Up atau Komputer Rakitan?

Lebih Baik Mana Komputer Built Up atau Komputer Rakitan?

Lebih Baik Mana Komputer Built Up atau Komputer Rakitan? – Berbicara masalah komputer, kita mengenal yang namanya komputer rakitan dan juga komputer built up. Jika sobat pembaca Santri Drajat masih belum paham apa itu Komputer Built Up dan juga komputer rakitan maka akan sedikit saya jelaskan disini.

Komputer Built Up merupakan sebuah komputer yang mana sudah siap pakai layaknya sebuah laptop. Biasanya komponen yang dipakai pun sama. Contohnya, apabila kita membeli komputer built up merk Lenovo, maka semua komponen seperti layar, mouse, keyboard, CPU semuanya bermerk Lenovo.

Sedangkan Komputer Rakitan merupakan komputer yang mana komponen komputer tersebut kita sendiri yang merakit. Semua komponen bisa dari berbagai merk. Misalnya saja layar merk Dell, untuk mouse menggunakan logitech, komponen dalam CPU pun dari berbagai merk.

Itu sekilas tentang pengertian dari PC Built Up dan PC Rakitan. Oh ya, PC merupakan kependekan dari Personal Computer, istilah lain dari komputer. Sekarang kita bahas tentang perbedaan PC Built Up Vs PC Rakitan.

Lebih Baik Mana Komputer Built Up atau Komputer Rakitan?

Lebih Baik Mana Komputer Built Up atau Komputer Rakitan?

PC Built Up

Desain Minimalis

Kebanyakan komputer built up memang desainnya minimalist. Dengan desain yang minimalist ini tujuannya agar terlihat simpel dan tidak menghabiskan banyak ruangan.

Full Support

PC Built Up salah satu kelebihannya adalah masalah support. Apabila terjadi kerusakan atau error maka kita bisa ke service center-nya. Jadi seperti laptop yang bergaransi. Jadi user tidak perlu khawatir apabila terjadi kerusakan atau error, karena sudah ada service center-nya.

Spesifikasi Standart

Komputer built up kurang tepat jika digunakan untuk para gamer. Karena komputer built up spesifikasinya tergolong standart. Walaupun standart, pengalaman menggunakan komputer built up adalah kestabilannya dan bandel. Memang saya akui demikian. Tidak mudah crass atau error walaupun dipakain sepanjang hari.

Cocok Untuk Kampus Atau Instansi Pemerintahan

Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas yang mana bentuk minimalist, bentuk standart, stabil apabila digunakan maka komputer jenis Built Up ini cocok untuk kampus atau instasi pemerintah. Tentunya para karyawan atau mahasiswa yang menggunakan komputer built up tidak akan melakukan hal yang berat yang bisa membuat komputer error.

Baca juga :

 

PC Rakitan

Lebih Baik Mana Komputer Built Up atau Komputer Rakitan?

Desain Standart

Komputer jenis ini banyak digunakan masyarakat umum. Hal ini karena komputer rakitan lebih bisa menyesuaikan kantong. Misalnya ketika memiliki uang 2 juta maka seseorang akan bisa memiliki spesifikasi mana yang pas dengan budget seperti itu. Masalah desain pun tergolong standart yang biasa digunakan masyarakat umumnya. Ukuran lebih besar sedikit dari komputer built up. Bentuk CPU bisa menyesuaikan dengan casing yang dipilih. Karena kita bisa memilih berbagai macam casing PC.

Komponen Bisa di Upgrade sesuai Keinginan

Jika pertama kali membeli komputer rakitan tidak memiliki uang banyak maka hal itu tidak masalah. Karena Komputer rakitan bisa kita upgrade kapan saja. Komponennya pun mudah didapatkan di toko komputer. Lebih mudah didapatkan daripada komponen komputer built up. Karena saya pernah upgrade komponen PC built up yang mana harus keliling antar toko PC sampai akhirnya menemukan komponen yang pas.

Cocok Untuk Semua Kalangan

Karena spesifikasi bisa disesuaikan maka komputer rakitan ini cocok untuk semua kalangan. Untuk kampus dan instasi pemerintah pun tidak masalah apabila menggunakan PC rakitan. Hal ini karena komponen maupun harga bisa bervariasi. Apalagi jika seorang gamer, maka cocok sekali apabila menggunakan komputer rakitan ini, harga murah spek dewa istilahnya. Memang ada komputer built up yang diperuntukkan untuk gamer, tapi harganya ya lumayan menguras kantong. 😀

 

Silakan pilih sesuai keinginan, pilih PC built up atau PC rakitan. Semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Kalau soal harga, memang PC Built Up lebih mahal daripada PC Rakitan. Hal ini karena adanya support dari brand tersebut. Sedangkan rakitan tidak memiliki support dari brand, karena komponen yang digunakan dari berbagai merk atau brand. Sekian tentang Lebih Baik Mana Komputer Built Up atau Komputer Rakitan? Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *