Home » Hardware » Laptop Rusak? Jangan Dibuang, Manfaatkan Saja Untuk Hal Ini

Laptop Rusak? Jangan Dibuang, Manfaatkan Saja Untuk Hal Ini

Laptop Rusak? Jangan Dibuang, Manfaatkan Saja Untuk Hal Ini – Laptop, sebuah benda yang akhir-akhir ini banyak digunakan. Penggunaan laptop dalam berbagai aktifitas harian saat ini memang bagus. Misalnya saja laptop digunakan belanja online, membuat makalah, atau sekedar menonton video untuk hiburan.

Apalagi sekarang ini banyak laptop dijual dengan harga yang tergolong murah. Apalagi laptop yang bisa di kredit, tentu menarik sekali. Laptop merupakan benda elektronik yang bisa mengalami kerusakan.

Seperti halnya HP, laptop pun bisa rusak. Kerusakan laptop bermacam-macam. Bisa kerusakan hardware atau bisa juga kerusakan software. Kalau kerusakan software masih bisa diatasi permasalahnnya. Namun apabila kerusakan di hardware bisa diperbaiki bisa juga tidak.

Baca juga :

Kerusakan Hardware memang bisa diperbaiki tetapi kadang tidak bisa kembali seperti awal semula alias tidak normal. Kerusakan hardware juga bisa memakan biaya banyak. Ya begitulah, karena kadang ada bagian hardware yang harus diganti.

Seringkali para pemilik laptop setelah mengetahui laptopnya rusak maka membiarkannya begitu saja. Hal ini rasanya kurang tepat. Atau bahkan para pemiliki laptop yang rusak tersebut meninggalkan laptop rusak tersebut di tukang service.

Ada bagian tertentu yang bisa digunakan atau dimanfaatkan kembali. Atau bahkan bisa di jual ke tukang service. Berikut ini ada beberapa saran ketika laptop rusak.

Laptop Rusak? Jangan Dibuang, Manfaatkan Saja Untuk Hal Ini

Laptop Rusak? Jangan Dibuang, Manfaatkan Saja Untuk Hal Ini

Bagian yang penting dari laptop yang ketika rusak bisa dimanfaatkan kembali diantaranya adalah Hardisk, RAM, LCD. Ketiga bagian ini bisa kita manfaatkan jika memang tidak ada kerusakan pada bagian-bagian ini.

Hardisk : Untuk memanfaatkan hardisk ini sobat bisa melepaskan hardisk kemudian silakan beli Case HDD Internal to Eksternal. Benda ini akan merubah hardisk internal menjadi ekstenal. Jangan lupa beli Case HDD Internal to Eksternal yang sudah USB 3.0, karena jika menggunakan USB 2.0 akan lebih lambat. Jika tidak ada di daerah sobat silakan beli online saja di lazada. Murah kok, kebetulan saja juga sudah beli Case HDD Internal to Eksternal USB Transparant dari Orico. Setelah menggunakan case hardisk ini sobat bisa membaca dan memanfaatkan data lama yang ada di hardisk laptop rusak tersebut, siapa tahu ada data pentingnya.

RAM : RAM bisa dimanfaatkan ketika sobat sudah mengunakan laptop lain atau membeli laptop baru. Jika sobat membeli laptop yang ukurannya 14 inchi biasanya tersedia 2 slot RAM, dan 1 slot masih kosong. Silakan gunakan RAM yang diambil dari Laptop rusak di laptop baru agar kinerja laptop makin cepat. Tetapi apabila sobat membeli notebook yang ukurannya 12 inch ke bawah biasanya hanya tersedia 1 slot RAM saja.

LCD : Hal ini bisa dijual ke tukang service laptop atau bisa diberikan ke keluarga atau teman yang membutuhkan dan laptopnya sejenis. Karena komponen LCD ini cukup lumayan harganya.

Baca juga :

Semoga setelah membaca tulisan ini sobat mengerti dan paham tentang bagaimana cara memanfaatkan laptop yang rusak. Jangan disia-siakan barang bekas tersebut, siapa tahu bermanfaat. Sekian dulu tentang Laptop Rusak? Jangan Dibuang, Manfaatkan Saja Untuk Hal Ini. Semoga bermanfaat.

About Jun Setyawan

Aku tak sebaik yang kau ucapkan tetapi aku juga tak seburuk yang terlintas di hatimu (Ali Bin Abi Tholib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *